loading...
Loading...
Ilustrasi Pilkades

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Polres Sragen menggencarkan sosialisasi ke para calon yang akan mendaftar Pemilihan Kades dan tokoh masyarakat. Sosialisasi digencarkan dengan terjun ke kecamatan-kecamatan untuk menyosialisasikan terkait bahaya dan ancaman money politik di Pilkades.

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan melalui KBO Polres, AKP Yohanes Trisnanto mengatakan sosialisasi dilakukan dengan mengumpulkan para calon Kades serta tokoh masyarakat.

Sosialisasi ditekankan agar masyarakat, utamanya para calon yang akan berlaga, agar tidak melakukan money politik. Selain ancaman pidana, Pemkab juga sudah membuat tim satgas anti money politik di Pilkades.

“Kita pencerahan ke calon Kades dan masyarakat. Tujuan sosialisasi supaya tidak ada money politik. Karena keberhasilan polisi sekarang bukan berapa yang ditangkap, tapi sebisa mungkin mencegah jangan sampai money politik terjadi,” paparnya Senin (29/7/2019).

Baca Juga :  Berkas 282 Pelamar CPNS Sragen Masih Terkatung-katung. Jumlah Pelamar Lolos Ada 8.700 Lebih, Hasil Verifikasi Diumumkan Pada Tanggal Ini

Perihal desa rawan, menurutnya masih belum bisa dipetakan. Sebab masih menunggu penetapan bakal calon yang dijadwalkan akhir Agustus 2019.

Pun dengan jumlah personel yang akan dikerahkan, juga masih menunggu kepastian jumlah TPS.

“Nanti baru tahu kalau sudah ada penetapan calon. Kalau pengamanan, yang jelas setiap TPS akan kita amankan. Soal jumlah personel nanti menyesuaiakan,” tukasnya.

Sebelumnya, sejumlah warga dan tokoh masyarakat menyangsikan keseriusan tim Satgas Anti Money Politik yang dibentuk Pemkab. Pasalnya money politik terkait erat dengan budaya di masyarakat yang selama ini terlanjur mendarah daging bahwa setiap pencoblosan harus ada sesuatunya.

Baca Juga :  Bayar Gaji Pegawai PPPK atau P3K, Pemkab Sragen Sudah Siapkan Anggaran Rp 22 Miliar Lebih 

“Sebenarnya bagus, tapi ya apa bisa wong masyarakat bawah terlanjur begitu. Kalau nggak ada apa-apanya nggak mau milih,” ujar Wanto, warga Sragen. Wardoyo

 

 

Loading...