JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Kejari Sukoharjo Musnahkan 7000 Pil dan 1600 Kosmetik Ilegal

Pemusnahan barang bukti oleh Kejari Sukoharjo. Dok. Polres Sukoharjo
Pemusnahan barang bukti oleh Kejari Sukoharjo. Dok. Polres Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sedikitnya narkoba seberat 160 gram, 14 buah handphone, tiga buah timbangan digital, dan 1.166 kosmetik berbagai merek ilegal dimusnahkan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo.

Selain itu ada 7.899 butir pil berbagai merek ilegal, empat botol ciu kemasan 1,5 liter, satu jerigen ciu kemasan 20 liter, serta 60 lembar uang palsu pecahan Rp100.000 ikut dimusnahkan.

Kepala Kejari Sukoharjo, Tatang Agus Volleyantono, Kamis (12/9/2019) mengatakan, barang yang dimusnahkan tersebut merupakan barang bukti untuk perkara yang sudah diputus oleh Pengadilan Negeri (PN). Total ada sekitar 50 perkara yang sudah diputus PN Sukoharjo dan memiliki kekuatan hukum tetap.

Baca Juga :  Pelaku Penyerangan Pesilat PSHT di Makamhaji Berboncengan Motor dan Mengenakan Penutup Kepala Sambil Membawa Senjata Tajam

“Menurut keputusan pengadilan barang bukti harus dimusnahkan dan kami laksanakan hari ini. Perkara ini sudah inkrah sejak Januari hingga Agustus 2019,” ujar dia.

Dalam pemusnahan tersebut terlihat hadir Wakapolres Sukoharjo, Kompol I Komang Sarjana, dan perwakilan sejumlah instansi lain seperti Kodim 0726, Satpol PP, dan lainnya.

Baca Juga :  Pabrik Kasur Busa di Jalan Ciu Sukoharjo Terbakar Hebat, Bau Menyengat Tercium dari Jarak Ratusan Meter

Pemusnahan barang bukti narkoba dilakukan dengan cara diblender, handphone dipukul dengan palu, sedangkan BB lainnya dimusnahkan dengan cara dibakar. Untuk miras ilegal isi dituang dalam drum dan botol dihancurkan.

“Pemusnahan barang bukti dilakukan rutin tiap tahun untuk perkara yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap,” sebut dia. Aria/Polres Sukoharjo