JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Alergi pada Anak, Begini Ciri-ciri dan Cara-cara Penanganannya

Ilustrasi anak sedang sakit. pexels
Ilustrasi anak sedang sakit. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Alergi yang timbul pada anak dapat terjadi karena berbagai hal. Di antaranya faktor genetik, pajanan alergen, kematangan usus, dan lingkungan.

Alergi makanan merupakan suatu kumpulan gejala yang ditimbulkan oleh alergi terhadap bahan makanan.

Hal tersebut disampaikan oleh dokter spesialis anak MedicElle Clinic, dr Septria Erlitarini SpA.

“Orang tua harus segera memeriksakan anak ketika mengalami alergi, apalagi alergi parah. Dikatakan parah apabila sampai menganggu kualitas hidup anak. Seperti menganggu tidur dan belajar,” ungkap Septria.

Beberapa ciri khas anak yang mengalami alergi, lanjutnya, di antaranya yaitu sering menggerakkan hidung, menggosok-gosokkan hidung dan di bawah kelopak mata tampak kehitaman.

Apabila ciri-ciri tersebut tampak pada anak, maka sebaiknya segera memeriksakan sehingga bisa mendapatkan pertolongan sesegera mungkin.

“Jika sudah mengetahui makanan yang membuat alergi, maka harus dilakukan eliminasi atau menghindari makanan yang memicu alergi. Setelah itu untuk memastikan apakah sudah terbebas dari alergi, bisa memperkenalkan makanan tersebut secara bertanap,” tuturnya.

Tiga Jenis Tes untuk Mengetahui Alergi

Tes alergi diperlukan untuk mengetahui zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi (alergen).

Dokter spesialis anak MedicElle Clinic, dr Septria Erlitarini SpA, menyampaikan, terdapat tiga tes alergi yang bisa dilakukan.

Baca Juga :  Jadi Maling Spesialis Ponsel Kuli Bangunan, 2 Pria Ini Dibekuk Polisi

“Pertama yaitu skin prick test (SPT). Pemeriksaan ini ini dilakukan secara tidak invasif dan aman. Selain itu, hasilnya dapat diperoleh setelah 15 sampai 20 menit,” ungkap Septria.

Namun, ada beberapa kondisi yang tidak diperkenankan menjalani tes ini. Di antaranya yaitu kelainan kulit yang luas dan anak tidak bisa berhenti meminum obat anti elergi karena bila dihentikan, anak akan mengeluhkan alergi yang sangat menganggu.

“Selain itu juga tidak bisa dilakukan ketika dermatografisme, yakni keadaan kulit yang bentol atau merah apabila tertekan atau tergores,” paparnya.

Pemeriksaan kedua yaitu IgE spesifik dalam darah yang hasilnya dapat diperoleh beberapa hari setelahnya.

“Pemeriksaan ini menjadi alternatif pada kondisi yang tidak bisa SPT,” tuturnya.

Terakhir yakni uji tempel kulit yang dilakukan dengan cara menempelkan alergen di kulit selama dua sampai tiga hari. Pemeriksaan ini, ungkap Septria, tidak rutin dilakukan.

“Pemeriksaan lain seperti kinesologi, elektrodermal, tes bandul, dan sebagainya merupakan pemeriksaan yang belum standar dan belum terbukti sebagai pemeriksaan alergi,” tutupnya.

Baca Juga :  Jadi Maling Spesialis Ponsel Kuli Bangunan, 2 Pria Ini Dibekuk Polisi

Tes Alergi? Apakah Perlu?

Alergi merupakan reaksi yang menyimpang dari normal terhadap berbagai rangsangan atau zat dari luar tubuh.

Demikian yang disampaikan dokter spesialis anak MedicElle Clinic, dr Septria Erlitarini SpA.

Beberapa orang alergi terhadap makanan. Ada pula yang alergi terhadap debu rumah dan bulu binatang.

Untuk memastikan sumber alergi, apakah tes alergi harus dilakukan?

Septria mengatakan, tes alergi tidak dilakukan pada semua kasus penyakit alergi.

“Tes alergi bukan untuk menegakkan diagnosis penyakit alergi dan tidak perlu dilakukan pada kasus-kasus yang faktor pencetusnya telah terlihat,” jelasnya.

Tes alergi, lanjutnya, dibutuhkan oleh pasien dengan gejala yang pencetus alerginya belum diketahui secara jelas.

“Ada berbagai tes alergi yang bisa dilakukan. Di antaranya skin prick test (SPT), pemeriksaan IgE spesifik dalam darah, dan uji tempel klinis,” katanya.

Sementara pemeriksaan lain, lanjutnya, seperti kinesologi, elektrodermal, tes bandul, dan sebagainya merupakan pemeriksaan yang belum standar dan belum terbukti sebagai pemeriksaan alergi.

www.tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Berikut Ciri-ciri Anak Anda Mengalami Alergi, Ini Sebaiknya yang Harus Dilakukan, Artikel Asli