JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Begini Lho Caranya Ikut Mengawasi Jalannya Pemilu. Supaya Terhindar Dari Kecurangan

launching Desa Pengawasan Pemilu Kecamatan Puhpelem yang bertempat di balai Desa Nguneng, Kecamatan Puhpelem, Rabu (6/11/2019).
launching Desa Pengawasan Pemilu Kecamatan Puhpelem yang bertempat di balai Desa Nguneng, Kecamatan Puhpelem, Rabu (6/11/2019).

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Danramil 24/Puhpelem bersama dengan Forkopincam mengikuti kegiatan launching Desa Pengawasan Pemilu Kecamatan Puhpelem yangbertempat di balai Desa Nguneng, Kecamatan Puhpelem, Rabu (6/11/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komisioner Bawaslu Wonogiri Joko Kiswanto, Camat Puhpelem Jaiman, Danramil 24/Puhpelem Kapten Inf Tono dan Babinsa Desa Nguneng Serma Dadang, Kapolsek Puhpelem diwakili Aiptu Marwanto dan Babinkamtibmas Desa Nguneng Bripka Joko, Pj Kepala Desa Sri Wiyono, seluruh kepala desa se-Kecamatan Puhpelem, perwakilan Kadus dari desa se-Kecamatan Puhpelem.

Camat Puhpelem mengimbau kepada seluruh warga agar dalam pemilu atau pilkada nanti jangan sampai terkena bujuk rayu dari para kader. Namun pilihlah sesuai dengan hati nurani masing-masing.

Baca Juga :  Sedulur Warga PSHT Wonogiri, Ini Lho Perintah Ketua PSHT Cabang Wonogiri Joko Prihanto. Diantaranya Tidak Bergerak ke Solo Tetap di Rumah, Patuh Protokol Kesehatan Termasuk Hindari Kerumunan Massa

Joko Kiswanto selaku Komisioner Bawaslu meminta awasi bersama-sama pilkada yang akan datang. Supaya tidak ada kecurangan-kecurangan.

“Tujuan umum pengawasan yakni menegakkan integritas kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan dan akuntabilitas hasil pemilu. Memastikan terselenggaranya pemilu secara langsung umum bebas rahasia jujur adil dan berkualitas serta dilaksanakannya peraturan perundang-undangan mengenai pemilu secara menyeluruh,” jelas dia.

Baca Juga :  Fenomena Apa ini, 4 Pasien Positif COVID-19 di Wonogiri yang Meninggal Mengalami Pengentalan Darah, Satgas Percepatan Langsung Koordinasi Dengan Pemprov, Alkes di RSUD pun Ditambah

Adapun strategi pengawasan yakni pencegahan terhadap potensi pelanggaran dengan melakukan tindakan dan upaya optimal mencegah secara dini terhadap potensi pelanggaran. Untuk penindakan terhadap dugaan pelanggaran dengan melakukan tindakan penanganan secara cepat dan tepat terhadap temuan atau laporan dugaan pelanggaran pemilu.

Sementara itu, Danramil 24/Puhpelem berharap semua unsur dan masyarakat agar bersama-sama menciptakan keamanan dalam setiap pesta demokrasi. Berbeda pilihan adalah biasa karena hak masing-masing dari peroeangan dan tidak boleh dipaksakan, namun bagaimana agar perbedaan itu menjadi indah. Aria