JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terungkap, Begini Cara Anggota DPR RI Luluk Nur Hamidah Berdayakan Kalangan Petani. Diantaranya Berikan Paket Alat Pengolah Kopi

   
Luluk Nur Hamidah mencoba alat pengolah kopi. Dok. Pribadi

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKB Luluk Nur Hamidah ternyata mempunyai cara tersendiri untuk memberdayakan kalangan petani di Indonesia.

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Senin (30/12/2019), hal itu terungkap ketika dia melakukan safari serap aspirasi masyarakat dalam masa Reses I tahun 2019-2020 di Desa Brenggolo, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu (25/12) lalu. Kegiatan diikuti sekitar 150 peserta dari berbagai unsur masyarakat.

Luluk mengatakan, spirit pertanian di era digital ini harus ditingkatkan. Tentu, dalam penerapannya melalui tahapan-tahapan atau proses yang harus dilalui.

“Sudah waktunya kita berdaya dan digdaya. Petani kita harus unggul, dari kualitas maupun kuantitas,” jelas Luluk.

Baca Juga :  Jumlah Kasus Kejahatan Selama Maret 2024, Perzinahan Mendominasi

Perempuan kelahiran Jombang tersebut juga menyerahkan paket alat pengolah kopi kepada kelompok tani Mandiri Argowilis. Alat mesin tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Penyerahan alat pengolah kopi satu set tersebut terdiri atas lima jenis alat. Mulai dari pengupas, sangrai, pembubuk, dan packaging.

Alat ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis. Namun, Luluk hanya mensyaratkan komitmen masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas dan potensi diri dengan maksimal.

“Alat ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi di sini. Semoga bermanfaat,” ujar dia.

Luluk menegaskan, petani juga perlu terus belajar meningkatkan kapasitas diri agar produktivitas satu tarikan nafas dengan kualitas. Kualitas produk, packaging, dan pemasaran itu penting. Produksi harus bisa bersaing bahkan tembus pasar ekspor.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

Target tersebut tentu, kata Luluk, tidak akan lepas dari peran penting pemerintah. Pemerintah perlu untuk membina, melatih, dan memfasilitasi termasuk akses modal dan pasar agar produk komoditas pertanian makin berkembang.

Luluk berharap, hadirnya alat pengolah kopi ini menghadirkan semangat baru. Nuansa pertanian kopi di masyarakat sekitar dapat terbangun dengan baik sehingga hasil produksi dan kualitas produk juga ikut membaik.

Dia mengajak kelompok tani semakin semangat dalam mengembangkan usaha di bidang pengelolaan kopi. Petani diyakini sebagai aktor utama penggerak distribusi pangan di Indonesia. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com