JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Daftar Mutasi Besar-Besaran 466 Pejabat Sragen di Awal Tahun Baru. Ada 7 Pejabat Eselon dan 190 Kepala Sekolah, Berikut Rinciannya!

Bupati Sragen saat melantik 466 pejabat yang dimutasi Kamis (2/1/2020). Foto/Wardoyo
Bupati Sragen saat melantik 466 pejabat yang dimutasi Kamis (2/1/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 466 pejabat di Sragen dilantik mengemban jabatan baru oleh Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Pelantikan yang sempat mengundang kontroversi itu digelar Kamis (2/1/2020) dinihari di Gedung Kartini Sragen.

Dari 466 pejabat yang dilantik, tujuh di antaranya adalah eselon II B. Sebagian hanya dikukuhkan dengan nomenklatur dinas yang dirubah, namun ada juga yang digeser.

Yakni, Kepala Dinas Perhubungan, Muhari yang digeser ke Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik.

Kemudian, Kepala Dinas Sosial, Puji Atmoko digeser ke Sekretaris DPRD bertukar jabatan dengan Joko Saryono yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD.

Selebihnya, masih tetap di posisinya hanya nama dinasnya saya yang berubah. Selain itu ada 3 Kepala UPTD yang dilantik dan 37 pejabat eselon III.

Baca Juga :  PSBB Jakarta Jadi Mimpi Buruk bagi Sragen, Omzet Puluhan Perajin Batik Makin Anjlok. Pemilik Batik Brotoseno: Baru Saja Mau Bangkit, Kini Ambles Lagi!

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Sutrisna mengatakan total pejabat yang dilantik ada 466 orang. Selain pejabat eselon, ada 190 kepala sekolah dan 73 pengawas sekolah yang dilantik.

Sementara, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya mengatakan pelantikan digelar dinihari karena pagi harinya dirinya harus berangkat untuk terbang umroh.

Kemudian kenapa tidak dilantik tanggal 1 Januari, lantaran tanggal merah. Pun dengan tanggal 31 Desember tidak dipilih karena sekalian menunggu yang pensiun 1 Januari sehingga bisa menggeser pejabat yang lain.

“Tidak ada sesuatu yang dilakukan tanpa alasan yang bisa dipertanggjungawabkan. Lalu sudah ada surat dari Bawaslu paling lambat 8 Januari untuk melakukan mutasi pejabat,” kata Bupati.

Baca Juga :  Sempat Menolak Dites, Kades Trombol Mondokan Sragen Malah Positif Terpapar Covid-19. Kini Diisolasi di Technopark, 5 Saudaranya Juga Positif Semua

Bupati juga menekankan bahwa dari 466 orang yang dilantik, ada tujuh di antaranya eselon 2. Menurutnya yang perlu digarisbawahi adalah bahwa dirinya selalu melakukan penataan SDM sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.

“Kita telah mendapatkan rekomendasi dan persetujuan dari KASN tertanggal 13 Desember 2019 sudah disetujui pula,” tandasnya. Wardoyo

Berikut Daftar Rincian Pejabat Yang dilantik 2 Januari 2020:

Eselon II B: 7 Orang
Eselon III A: 11 orang
Eselon III B : 27 orang
Eselon IV A : 147 orang
Eselon IV B: 6 orang
Kepala Puskesmas: 3 Orang
Pengawas Sekolah : 73 orang
Kepala Sekolah: 190 orang
Jabatan Fungsional: 2 orang
Jumlah: 466 orang
Sumber: BKPSDM Sragen