JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Pemkot Solo Matangkan Persiapan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Suasana makan bersama di SD Muhammadiyah Ketelan 1 Solo. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Surakarta menggelar rapat koordinasi di ruang rapat terkait pematangan rencana keikutsertaan Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK dan Budaya SD Muhammadiyah 1 Ketelan, sebagai wakil dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam ajang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional 2020, Selasa (25/2/2020).

Hartoyo Koordinator Badan Koordinasi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (BK-UKS/M), mengatakan seluruh instansi terkait harus saling berkoordinasi terkait tupoksi dan kesiapan sekolah sebelum tim penilai tingkat nasional datang melakukan verifikasi pada hari-hari mendatang.

“Harapannya, SD Muhammadiyah 1 Solo berhasil meraih juara dan mengharumkan nama baik Kota Solo dan Pemprov Jateng, sesuai Visi Walikota Surakarta dengan membangun 5 Budhaya Hidup Gotong Royong, Memiliki, Merawat, Menjaga, Mengamankan Kota Solo dan isinya,” ujar Hartoyo.

Baca Juga :  CATAT!, Naik Mobil Pribadi di Solo Juga Wajib Pakai Masker Jika Tak Ingin Kena Razia

Hartoyo menambahkan, Permasalahan yang harus segera diatasi mohon Dinas pendidikan membuat surat edaran ke sekolah – sekolah untuk mengirim SK Tim Pelaksana ke Sekretariat TP UKS/M Kota Surakarta.

Dan mohon Setda mengirim surat ke Cabang VII Dinas Pendidikan Provinsi Jateng yang isi mewajibkan seluruh SMA, SMK, Diksus membuat SK Tim Pelaksana UKS/M.

” SK Tim Pelaksana dari sekolah semua jenjang. Khusus madrasah sudah selesai. Seluruh sarana dan prasarana serta kelengkapan lainnya harus sudah disiapkan dari sekarang termasuk kekurangannya,” ujar Hartoyo.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas yang ikut membersamai, Jatmiko memaparkan beberapa sarana prasarana dan kelengkapan telah berbenah baik Unit Kesehatan Sekolah (UKS), penghijauan, kantin sehat, tempat sampah pilah, bank sampah, komposing dan penunjang lainnya.

Baca Juga :  Komandan Lanud Adi Soemarmo Buka Pendidikan Setukba Angkatan ke-37

“Persiapan lainnya berupa status gizi anak melalui isi piringku dan penunjang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah, zero debu, polisi cilik dan vlog competition tema PHBS dibulan Maret 2020 bersama Radio Solo Belajar (RSB),” paparnya

Hadir dalam acara tersebut Galuh Murya Widawati Kasi PAUD dan Pembinaan Pendidikan Keluarga (Bindikel) Bidang PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Disdik Solo, dr Suci Wuryanti, Nining P Puskesmas Stabelan, Tiwuk Sri Rejeki Lurah Ketelan, Budi P Bappeda, Agus Subagyo Dinas Kesehatan Kota, Abdul Haris Disdik, Wining P Tim UKS/M Banjarsari, Iid Kesra Solo, Sri Hartanti Kemenag, Hj. Sri Sayekti bersama tim LSS Sw. Winarsi, Nurtiningsih, dan Winursito. Prihatsari