JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Warga Kanada Terpapar Corona, Kemenkes: Belum Terdeteksi Saat di Indonesia

ilustrasi / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Warga negara Kanada yang ditemukan pingsan di Malaysia lantaran diduga terpapar virus corona, mendorong Kementerian Kesehatan RI angkat bicara.

Pasalnya, warga negara Kanada tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Indonesia sebelum ke Malaysia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Wiendra Waworuntu menyebut bahwa WN Kanada tersebut belum menunjukkan gejala terinfeksi ketika berada di Indonesia.

“Masa inkubasi bisa sampai 14 hari, kalau pada waktu di Indonesia belum masuk gejalanya tentu negatif,” kata Wiendra di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Meski begitu, Wiendra menampik jika dikatakan Indonesia tak memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus Corona.

“Saya enggak bilang kita enggak punya kemampuan, tetapi kalau kami lihat berarti kemungkinan pada waktu itu diperiksa belum masuk ke mers corona virus karena kan rada panjang masa inkubasi,” kata dia.

Sebelumnya, seorang remaja perempuan berusia 17 tahun asal Kanada dilaporkan tengah dirawat di Malaysia setelah diduga terinfeksi virus Corona.

Saat itu, ia baru saja tiba di Malaysia dari Indonesia. Pemerintah Malaysia mengatakan, WN Kanada itu mendadak pingsan di pusat kota Kuala Lumpur pada 5 Februari 2020 pagi.

www.tempo.co

Baca Juga :  Peningkatan Kasus Positif Covid-19 Cukup Signifikan, Satgas Usul Aceh dan Bali Masuk Prioritas Pengawasan