JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dinkes Bogor Nyatakan akan Ada Cluster Aston, Beda Dengan Cluster Seminar Bogor atau Kasus Solo

Virus Corona. Vektor Kunst/Pixabay
   

BOGOR, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menyatakan ada satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) yang kini masih diisolasi di RS Abdul Moeloek dinyatakan positif virus corona, Rabu (18/3/2020).

Kepala Dinkes Provinsi Lampung, Reihana mengatakan pasien tersebut laki-laki berusia 62 tahun. Riwayat pasien pernah melakukan kontak langsung dengan satu pasien positif lain saat mengikuti acara seminar perkumpulan jemaat di Bogor pada medio Februari 2020 kemarin.

Menindaklanjuti hal tersebut Dinkes Kota Bogor menyatakan akan berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Lampung usai diumumkannya satu pasien dalam pengawasan (PDP) positif mengidap virus Corona (Covid-19). Jika memang pasien tersebut mengikuti acara seminar gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) di Hotel Aston Kota Bogor pada 25-28 Februari 2020, maka akan ada Cluster Aston.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengaku masih belum melakukan kontak dengan Dinkes Provinsi Lampung. Retno mengaku, belum mendapat konfirmasi terkait adanya pasien positif corona yang mengikuti seminar di Hotel Aston.

“Saya belum telusuri, belum kontak dengan Dinkes Lampung baru baca berita ya. Ada positif riwayat di GPIB saya belum telusur ke sana. Karena saya belum dapat konfirmasi,” kata Retno saat dihubungi melalui sambugan telepon, Kamis (19/3/2020).

Jika bener di Aston, sambung Retno, pihaknya akan melakukan proses contact trashing dan melakukan penelusuran. Retno menjelaskan, pihaknya telah mencoba berkomunikasi dengan panitia dan pengelola Hotel Aston.

Baca Juga :  Mirip-mirip Gibran, Rencana Pencalonan Bobby di Pilgub Sumut Bisa Picu Ketegangan DPD Golkar Sumut dan DPP?

“Saya hubungi panitia di Aston, itu kan di tanggal 26-28 Februari. Logikanya kan sudah lewat masa inkubasi. Tapi, kan musti tahu yang ikut di seminar itu katanya memang ratusan, saya baru sampai menghubungi Hotel Aston,” kata dia.

Retno menjelaskan, belum mendapat data lengkap para peserta yang hadir dalam seminar tersebut. Karena itu, pihaknya mengaku masih kesulitan untuk melakukan langkah penelusuran.

“Nah, itu belum saya dapatkan, tapi kami sudah hubungi Hotel Aston. Minta data dan panitianya, pesertanya siapa saja. Ada dapat nama tapi alamat gak ada,” kata dia.

Berdasarkan data yang diperoleh, Retno menjelaskan, terdapat sekitar 500 orang yang terlibat dalam acara tersebut. Apalagi, kata dia, peserta bukan hanya berasal dari Bogor melainkan sejumlah daerah di Indonesia.

“Ini dapat PR (pekerjaan rumah) lagi. Karena memnag betul pada tanggal itu ada GPIB. Saya sedang melusur. Kota Bogor itu siapa saja,” katanya.

Dia menambahkan, kasus di Solo bukanlah masuk dalam seminar Aston. Retno menyebut, pasien Solo mengikuti acara di Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

“Intinya yang di Solo beda kasus. Itu di Babakan Madang, itu sudah berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten itupun saya belum mendapat data (peserta) dari kota Bogor,” ucapnya.

Retno menyatakan, pihaknya akan bekerja keras untuk menagani virus Corona apalagi usai adanya mahasiswa IPB asal Jakarta yang tinggal di Kelurahan Sempur positif corona. Sehingga, tak ada pasien positif dari Kota Bogor.

Baca Juga :  Sampai Rabu, MK Telah Menerima 21 Amicus Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

“Jangan sampai di Kota Bogor ada yang positif. Jadi kalo ada info tolong disampaikan,” pintanya.

Sebelumnya, satu dari empat orang pasien dalam pengawasan (PDP) di rumah sakit wilayah Lampung telah positif mengidap virus Corona (Covid-19). Pasien lelaki berusia 62 tahun tersebut, masuk rumah sakit setelah kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 di sebuah gereja acara seminar.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung dr Reihana membenarkan, seorang pasien lelaki sudah tua tersebut di rawat di ruang isolasi RSUD Abdul Moeloek dengan gejala suspect Covid-19. “Benar, positif. Pasien pernah kontak orang terkonfirmasi positif Covid-19 di gereja Bogor,” kata dr Reihana dalam keterangan persnya, Kamis (19/3).

Menurut dia, kronologis pasien tersebut mengikuti seminar gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) di Hotel Aston Kota Bogor pada 25-28 Februari 2020.

Sekedar diketahui, Persidangan Sinode Tahunan (PST) 2020 GPIB se-Indonesia, dilaksanakan Aston Bogor Hotel and Resort yang berlangsung 26-29 Februari 2020, diikuti 685 peserta sebagai utusan seluruh GPIB yang ada di 26 provinsi se-Indonesia. Acara tersebut di buka oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan juga Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com