JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kabar Baik, Kepala BKN Kanreg I Sebut Jumlah Peserta Ujian SKD CPNS Jateng-Yogya Yang Lolos Passing Grade Capai 59 %

Kepala Kanreg I BKN Jogja, Anjaswari Dewi saat bersama tim usai meninjau pelaksanaan ujian SKD CPNS Kabupaten Blora di Auditorium UNS Solo, Selasa (11/2/2020). Foto/Wardoyo

loading...
Kepala Kanreg I BKN Jogja, Anjaswari Dewi saat bersama tim usai meninjau pelaksanaan ujian SKD CPNS Kabupaten Blora di Auditorium UNS Solo, Selasa (11/2/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Hasil ujian seleksi kompetensi dasae (SKD) CPNS tahun ini di wilayah regional I Jateng-Yogya, cukup menggembirakan.

Berdasarkan data di Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional I Jateng-Yogya, angka kelolosan passing grade dari semua titik lokasi pelaksanaan SKD, terpantau mencapai angka 59 persen.

Hal itu disampaikan Kepala Kanreg I BKN Yogya, Anjaswari Dewi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , kemarin. Anjaswati mengungkapkan dari pantauannya bersama tim, hasil pantauan terakhir, untuk wilayah Jateng-Yogya, persentase peserta yang lolos passing grade SKD mencapai angka 59 %.

“Itu berdasarkan hasil pantauan terakhir beberspa hari lalu. Untuk wilayah Jateng dan DIY, ada sekitar 59 persen yang masuk passing grade,” paparnya.

Anjaswari menguraikan untuk wilayah Jateng-DIY, seleksi dibagi dalam tiga kelompok. Di kelompok pertama yakni formasi CPNS di 42 kabupaten kota di Jateng dan DIY, total ada 11 titik lokasi (tilok).

Dari 11 tilok itu, jumlah total peserta SKD tercatat sebanyak 331.793 orang dengan 18.470 formasi. 11 Tilok itu masing-masing di Asrama Haji Donohudan, UNNES Semarang, GOR Samapta Magelang, UNY YOGYAKARTA, HOTEL UTC Semarang, UDINUS SEMARANG, LP2KS Kabupaten Karanganyar, UNS Surakarta, Gedung Setda Kota Salatiga, Gedung KORPRI Pemalang, Gedung Graha Wana Bhakti Yasa Yogyakarta.

Baca Juga :  Tambah Lagi, Satu Pedagang asal Masaran Sragen Dinyatakan Positif Terpapar Covid-19. Riwayat Baru Pulang dari Jakarta, Total Jadi 35 Kasus Positif

Kemudian kelompok kedua untuk
Kanreg I BKN Yogyakarta yang menyelenggarakan seleksi untuk berbagai kementerian dan Instansi pusat, total peserta ujian SKD mencapai 18. 956 orang.

Lantas di kelompok tiga digelar di UPT BKN Semarang dengan jumlah peserta mencapai 6.772 peserta.

Berdasarkan jadwal seleksi CPNS yang diputuskan Panselnas BKN pusat,  pengumuman hasil ujian DKD akan disampaikan pada tanggal 22 sampai dengan 23 Maret 2020.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (KPSDM) Sragen, Sutrisna mengungkapkan pada tahapan SKD, jumlah total peserta yang mengikuti ujian tercatat sebanyak 8.398 orang.

Dari hasil ujian yang digelar 3-6 Februari di LKPPS Gondangrejo itu, ternyata yang lolos tes selanjutnya yakni tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ada 4.264 orang atau 50,77 persen dari total peserta.

Baca Juga :  DPD PKS Sragen Tepis Bakal Cawabup Pendamping Sukiman Adalah Politisi dan Pengurus PKS. Sebut Istrinya Pernah Nyaleg dari PKS, Tapi Yang Bersangkutan Nyalegnya dari PAN

Sementara 4.134 peserta dinyatakan gagal karena tak bisa memenuhi passing grade.

”Passing gradenya diturunkan dari tahun lalu sehingga banyak peserta yang lolos. Tapi juga banyak yang tidak lolos. Kalau dipersentase yang lolos ambang batas passing grade memang masih lebih banyak,” paparnya, Selasa (18/2/2020).

Sutrisna menguraikan, untuk SKD tahun ini, BKN sudah menetapkan passing grade diturunkan. Yakni untuk tes karakteristik pribadi (TKP) skor mininal 125, tes wawasan kebangsaan (TWK) dengan skor 65, dan tes intelegensi umum (TIU) dengan skor 80.

Total skor yang harus dipenuhi untuk lolos passing grade adalah 271. Dengan nilai passing grade yang diturunkan itu akhirnya memang banyak peserta SKD yang lolos dibanding tahun lalu.

“Mereka yang tidak lolos itu karena nilainya jatuh pada TWK dan TIU,” urainya.

Jika dikomparasi dengan hasil SKD 2018 lalu, dari 2.922 peserta, hanya 121 orang yang lolos ambang batas nilai. Pada 2018 lalu yang banyak gagal justru di tes TKP. Wardoyo