loading...

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pasien positif virus corona yang kabur dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur, telah ditemukan, Jumat, (13/3/2020). Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti mengatakan pasien pasien perempuan tersebut sedang dalam perjalanan menuju rumah sakit rujukan.

“Sudah ditemukan dan sedang dalam perjalanan menuju rumah sakit rujukan hari ini,” kata Widyastuti di Balai Kota DKI.

Widyastuti belum mau menyebutkan pasien yang kabur tersebut bakal dirawat di antara tiga rumah sakit rujukan yang ada di DKI. “Sudah dalam perjalanan ya.”

Juru bicara Tim Dokter Pasien Covid-19 RSUP Persahabatan, Erlina Burhan, mengatakan pasien itu keluar tanpa sepengetahuan RSUP Persahabatan.

Baca Juga :  Ini Protokol Kesehatan Milik GoFood untuk Layanan Pesan Antar Makanan

“Kami tahu setelah dia keluar. Jadi diisolasi juga tidak kayak penjara yang dikunci pakai gembok. Ada juga tempat masuknya karena pasien harus masuk dari depan. Begitu masuk, petugas meleng, sudah keluar, sudah ada keluarga,” kata Erlina saat konferensi pers di RSUP Persahabatan, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat, 13 Maret 2020.

Menurut Erlina, pasien adalah perempuan dan warga Jakarta. Erlina berujar data dari Dinas Kesehatan DKI yang diterima RSUP Persahabatan menunjukkan bahwa pasien itu positif terinfeksi corona.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 Anak Tinggi, IDAI Usul, Kebijakan Belajar di Rumah Tetap Dilanjutkan

Hingga kini, dia menyebut, pasien belum kembali ke RSUP Persahabatan. Dia tak mengetahui apakah pasien sudah diisolasi di rumah sakit rujukan lain.

Erlina menuturkan, rumah sakit tak mengizinkan pasien kabur. Akan tetapi, pasien keluar dari pintu ruang isolasi. Keluarga pasien pun sudah menunggu di luar pintu masuk ruang isolasi untuk menjemput.

“Kan ada pintu masuk, dia keluar dan sudah ditunggu oleh keluarga,” ucap Erlina. Hingga kini ada 5 pasien positif virus corona dan 11 pasien dalam pengawasan (PDP) yang diisolasi di RUSP Persahabatan.

www.tempo.co