JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Pemerintah dan DPR Sepakat Tiadakan UN Karena Wabah Corona

Ilustrasi Ujian Nasional. Foto/JSnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Syaiful Huda mengatakan pemerintah dan DPR bersepakat meniadakan Ujian Nasional (UN) untuk SD, SMP, dan SMA karena penyebaran virus corona atau Covid-19 semakin masif.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat konsultasi virtual antara Komisi X DPR dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi Nadiem Makarim dan jajaran Kemendikbud yang berlangsung kemarin, Senin, (23/3/2020).

“Daring meeting: barusan selesai rapat daring dengan Mendikbud dan jajaran. Salah satu yang kita sepakati, Ujian Nasional (UN) SD, SMP, dan SMA ditiadakan,” tulis Huda dalam akun Instagramnya @syaifulhooda, Senin malam.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Lewat keterangan tertulis, Huda menjelaskan UN SMA sedianya digelar pekan depan. Sedangkan UN SMP dan SD tadinya harus dijadwalkan paling lambat April mendatang. Namun, penyebaran Covid-19 diprediksi akan terus berlangsung hingga April.

“Jadi tidak mungkin kita memaksakan siswa untuk berkumpul melaksanakan UN di bawah ancaman wabah Covid-19 sehingga kami sepakat UN ditiadakan,” ujar dia, Selasa, 24 Maret 2020.

Huda mengatakan, Kemendikbud saat ini tengah mengkaji opsi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai pengganti UN. Kendati begitu, opsi ini hanya akan diambil jika pihak sekolah mampu menyelenggarakan USBN dalam jaringan (daring).

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Jika opsi tersebut tak bisa dilakukan, maka pilihan terakhir yang muncul ialah metode kelulusan dengan menimbang nilai kumulatif siswa selama belajar di sekolah. Nilai kumulatif itu mencakup nilai akademik dan nilai ekstra kurikuler siswa.

“Nanti pihak sekolah yang akan menimbang nilai kumulatif yang tercermin dari nilai rapor yang menentukan kelulusan siswa,” kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Tempo masih berusaha menghubungi Kementerian Pendidikan. Namun Huda mengklaim, tak ada perdebatan terkait peniadaan UN ini. “Enggak ada (perdebatan), semua sepemahaman.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com