JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sejak Januari 2020, DKI Terima 2.000 Laporan dengan Gejala Mirip Corona

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti saat ditemui di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejak 27 Januari 2020 lalu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah menerima lebih dari 2.000 orang yang melaporkan terkena gejala seperti terjangkit virus Corona.

Hal itu dikatakan oleh Kepala  Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti. Mereka melapor ke Dinas Kesehatan karena terjangkit batuk, flu, sesak nafas, dan demam.

“Data itu pergerakannya dari awal,” kata Widyastuti di Balai Kota DKI, Rabu (4/3/2020).

Ketua Tim Tanggap Covid-19 DKI, Catur Leswanto mengatakan dua ribuan orang yang melapor itu sebagian karena panik dan bingung terkait gejala awal corona.

Baca Juga :  Ide Presidential Club, Dahnil Anzar Yakin Prabowo Mampu Cairkan Komunikasi Jokowi-Megawati-SBY

Jadi, ketika mereka batuk hingga sesak nafas mereka langsung melaporkan.

“Padahal sebenarnya hanya batuk dan flu biasa. Jangan seakan-akan data 2 ribu itu corona. Enggak gitu,” ujarnya.

Dinas Kesehatan, kata dia, bakal menindaklanjuti semua laporan warga untuk mengetahui apakah yang bersangkutan suspect atau hanya flu atau batuk biasa. Semenjak informasi penyebaran corona merebak di seluruh dunia, laporan masyarakat ke Dinas Kesehatan meningkat tajam.

Baca Juga :  PDIP Anggap Keinginan Gibran untuk Konsultasi ke Megawati Soal Penyusunan Kabinet Hanya Gimik Politik yang Tak Perlu Ditanggapi

Warga Jakarta yang melapor bakal diteliti mulai dari riwayat kesehatan, kontak dengan orang atau negara yang sudah terjangkit corona.

“Sampai sekarang yang positif baru dua orang. Tapi kepanikan sudah melanda. Harus dicari informasi yang benar untuk mencegah kepanikan ini,” ujarnya.

Dinas Kesehatan mengimbau warga Ibu Kota yang mempunyai gejala batuk, demam dan flu bisa langsung menghubungi kontak 112 atau 119. Warga DKI juga biza mendatangi posko Covid-19 di kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta atau menghubungi nomor 081388376955.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com