JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sudah Ada Warga Positif dan PDP Meningggal, Kesadaran Warga Karanganyar Kenakan Masker Belum Sesuai Harapan. Sejumlah Pedagang di Pasar Mengaku Nggak Punya!

Pembagian masker di Karanganyar. Foto/Wardoyo
Pembagian masker di Karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Meski sudah ada kasus positif dan PDP corona meninggal, kesadaran warga Karanganyar untuk mengenakan masker, belum sesuai harapan.

Buktinya, para pedagang yang  ada di sejumlah pasar tradisional di Karanganyar hanya sebagian kecil yang  menggunakan  masker.

Padahal para pedagang itu setiap  hari  kontak dengan pengunjung pasar  dan sangat rentan  terhadap virus corona (Covid-19) yang saat  ini sedang  mewabah.

Berdasarkan  pantauan  di pasar  Jungke  Karanganyar  Kota misalnya, sejumlah  pedagang  terlihat  tidak  menggunakan  masker  saat  melayani  pembeli.

Resmini,  salah  satu pedagang  pasar  mengaku tidak mengenakan masker karena sama  sekali tidak memiliki alat  penutup  mulut  dan hidung  tersebut.

“Saya  nggak punya  masker  mas. Kadang saya hanya  menutup  dengan kain saja. Kalau  ada pembeli,  kain penutup  saya  buka.  Sebenarnya  takut  sih,  tapi  mau gimana  lagi,” ungkapnya, Minggu (12/4/2020).

Baca Juga :  Tambah 1 Warga Meninggal, Total Kematian Covid-19 Karanganyar Total 65. Kasus Positif Covid-19 Tembus Angka 362

Sementara  itu,  Yanti   pedagang  sembako mengatakan,  sebenarnya  tidak hanya  pedagang,  para pengunjung pasar  juga seharusnya  menggunakan  masker  saat  berbelanja  ke pasar.

“Pengunjung  pasar  juga harus  pakai  masker  mas. Apalagi  ini pasar,  banyak yang berkunjung. Kita  kan nggak  tahu,  siapa  yang  terinfeksi  virus,” ujarnya.

Dia berharap,  agar  pemerintah  secara  terus  menerus  melakukan  sosialisasi bahaya  virus  corona dan sosialisasi penggunaan  masker untuk menghindari agar  tidak terpapar  virus  ini.

” Sosialisasi  harus  terus  dilakukan. Saya  juga  berharap,  agar  pemerintah  Kabupaten  Karanganyar,  mau  membantu  para pedagang  dengan  membagikan  masker  secara  gratis, ” harapnya.

Baca Juga :  Tembaki Kucing dengan Senapan, Seorang Warga di Karanganyar Dilaporkan ke Polisi Oleh si Pemilik Kucing. Satu Ekor Mati, Dua Luka Ringan

Disisi lain,  Bambang  Sumantri ,  dari relawan rumah aspirasi  anggota  DPR RI,  Paryono,  menyatakan,  pembagian  masker  kepada para  pedagang  pasar  ini, bukan untuk  mencari  simpati,  namun  sebagai  bentuk  kepedulian  tim relawan  terhadap  warga,  terutama  para pedagang  pasar.

” Dalam  kondisi  pandemi  virus  corona, semua harus  bergerak  bersama  melawan  virus yang sangat  berbahaya  ini, ” tandasnya.

Ditambahkannya,  tim relawan dari rumah aspirasi  anggota  DPR RI,  terus  bergerak  membantu  masyarakat,  baik  dengan  melakukan  sosialisasi,  penyemprotan disinfektan,  maupun  pembagian  masker, kepada seluruh  warga. Wardoyo