loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM
Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mempermudah persyaratan bagi calon mahasiswa kurang mampu maupun yang terdampak covid-19 dan hendak kuliah di perguruan tinggi, yakni melalui program bidik misi atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Bagi para lulusan SMA/SMK/MA berprestasi yang mempunyai KIP Kuliah dan keluarganya mempunyai Kartu Perlindungan Sosial (KPS) serta masuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH)
dapat langsung mendaftar ke Unisri yang sudah dibuka sejak akhir April 2020, online atau langsung.

Demikian dikatakan oleh Wakil rektor III bidang kemahasiswaan, alumni, dan kerja sama, Unisri Surakarta, Dr Sutoyo, sebagaimana sikutip dala. Rilis ke Joglosemarnews.

Bagi yang tidak mempunyai KIP Kuliah, jelas Sutoyo, keluarga dari calon mahasiswa bisa mengurus surat keterangan tidak mampu (SKTM) di desa/kelurahan setempat dan diketahui pihak kecamatan dan dinas sosial.

Baca Juga :  Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru 2020 Tetap Sesuai Jadwal

“SKTM yang didisposisi dinas sosial setempat itu sebagai pengganti KIP Kuliah,” bebernya.

Selain itu, kata Sutoyo, program beasiswa Bidikmisi atau yang sekarang disebut KIP Kuliah juga diperluas, tidak hanya bagi para fresh graduate dan lulusan satu tahun lalu, lulusan dua tahun lalu juga masih bisa mendaftar.

Bagi penerima beasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah, lanjut Sutoyo, uang SPP selama delapan semester digratiskan dan masih akan mendapatkan uang saku.

“Sebenarnya persyaratan bagi calon mahasiswa baru program beasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah di Unisri masih sama seperti tahun-tahun lalu, hanya saja kini ada beberapa item yang dipermudah persyaratanya,” kata Sutoyo selaku penanggungjawab panitia penerimaan calon mahasiswa baru.

Baca Juga :  Sulit Lakukan Physical Distancing, Rizal Ramli Usul Sekolah Dibuka 2021

Di samping beasiswa Bidikmisi atau KIP-Kuliah, Sutoyo menjelaskan, di Unisri juga terdapat berbagai beasiswa bagi calon mahasiswa baru.

Seperti beasiswa dari Bank Indonesia (BI), beasiswa BPMKM, serta PPA dan BBM. Selain menyediakan banyak beasiswa, seluruh mahasiswa yang kuliah juga diasuransikan.

“Unisri adalah satu-satunya perguruan tinggi swasta di Soloraya yang dipercaya Bank Indonesia dalam penyaluran beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu tapi berprestasi,” kata dia. suhamdani