JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

40.000 Peserta Kartu Prakerja Belum Dapat Insentif Usai Pelatihan, Regristrasi Gelombang IV Terganjal

Ilustrasi kartu prakerja. Foto: prakerja.go.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  –
Sebanyak 40.000 pemegang Kartu Prakerja yang sudah menyelesaikan pelatihan, hingga kini belum meneruma insentif program.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky.

Dikatakan, berdasarkan data terakhir penyelenggara, Panji mengatakan sekitar 400.000 peserta telah menyelesaikan pelatihannya.

Merampungkan pelatihan adalah syarat cairnya dana insentif sebesar Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan.

Kendati demikian, Panji mengatakan, penyelenggara baru berhasil mengirimkan insentif ke hampir 360.000 peserta yang menyelesaikan pelatihan.

“Jadi sampai saat ini ada sekitar 40.000 backlog yang belum terima insentif dari peserta yang sudah selesaikan pelatihan,” ujar dia dalam konferensi video, Senin (8/6/2020).

Baca Juga :  Arab Saudi Segera Buka Pintu untuk Ibadah Umroh, Kemenag Tunggu Rilis Daftar Negara yang Boleh Berangkatkan Jemaah

Sedangkan, saat ini masih ada sekitar 550.000 peserta yang telah memulai pelatihan online namun belum menuntaskannya.

Sehingga, mereka belum masuk kategori yang bisa menerima insentif. Adapun jumlah tersebut adalah akumulatif dari tiga gelombang pendaftaran Kartu Prakerja yang dibuka beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari sempat mengatakan bahwa backlog pada penyaluran insentif kartu prakerja gelombang I sampai gelombang III itu turut menjadi alasan belum dibukanya gelombang ke IV.

Ia pun mengatakan akan menyelesaikan persoalan backlog tersebut menjelang Lebaran, Mei lalu.

Belakangan Denni kembali meminta maaf lantaran hingga kini pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang IV tak kunjung dibuka.

Baca Juga :  Diduga Gali Lubang dari Kamar, Napi Berhasil Kabur dari Lapas Tangerang

“Pertama, saya dengan segala kerendahan hati minta maaf bahwa saya janji-janji surga, mengatakan setelah lebaran (akan dibuka),” ujar dia.

Denni mengatakan saat ini komite sedang melakukan review bersama dengan lembaga-lembaga pengawas untuk memastikan agar Program Kartu Prakerja tersebut bisa sesuai diharapkan oleh publik dan semua institusi. Karena itu, pendaftaran gelombang IV masih belum bisa dibuka.

“Jadi mohon sabar, ini sedang berproses, tapi insya Allah tidak lama lagi program Kartu Prakerja gelombang IV akan dirilis,” kata Denni.

www.tempo.co