JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bandung Diguncang Gempa Tektonik Malam Ini

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

BANDUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wilayah Kabupaten Bandung hingga wilayah Garut, Jawa Barat diguncang gempat tektonik pada Jumat (26/6/2020) malam pukul 20.34 WIB.

Gempa diketahui bersumber di darat, kedalaman yang tergolong dangkal yakni lima kilometer, dan kekuatannya 3,5 Magnitudo.

“Tepatnya sekitar 17 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Bandung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Tony Agus Wijaya.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

Penjelasan itu disampikan secara tertulis Jumat (26/6/2020) malam. Dalam keterangan itu disertakan lokasi sumber gempa pada koordinat 7,25 LS dan 107,73 BT.

Tony menjelaskan, gempa darat yang dangkal itu disebabkan aktivitas sesar lokal wilayah setempat. Beruntung, berdasarkan catatan BMKG, guncangan dirasa lemah saja.

Getaran gempa itu terukur III Skala MMI di wilayah Tarogong, Bayongbong, dan Samarang di Kabupaten Garut, serta Majalaya Kabupaten Bandung.

Baca Juga :  Usai TPN Ganjar-Mahfud Daftarkan Gugatan ke MK, PDIP Pastikan Bakal Menggulirkan Hak Angket di DPR

Getaran dengan besar skala itu dianalogikan dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Di lokasi lain, yang dirasakan semakin lemah.

BMKG menyatakan hingga sekitar satu jam setelah gempa terjadi belum ada laporan kerusakan maupun gempa susulan pasca gempa tersebut.

Masyarakat diminta agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com