JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Anggaran untuk Sekolah Gratis di Kota Semarang Sudah Dicairkan

Daftar sekolah swasta yang digratiskan oleh Pemkot Semarang. Istimewa

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang terus berupaya meningkatkan pelayanan pendidikan. Sejumlah kebijakan sudah digulirkan. Pemkot Semarang telah memberlakukan kebijakan sekolah gratis untuk jenjang TK, SD, SMP.

Kebijakan ini tidak hanya untuk sekolah negeri, Pemkot Semarang juga menggelar program sekolah gratis untuk sekolah swasta. Program tersebut digelar dalam penerimaan siswa baru 2020. Terdapat 40 sekolah swasta yang ditunjuk Pemkot untuk menjalan program itu.

Terkait kebijakan sekolah gratis untuk sekolah swasta Dinas Pendidikan Kota Semarang sudah mencairkan dana sekitar Rp 5 miliar. Dana tersebut diberikan ke 40 sekolah swasta dari tingkat TK, SD, hingga SMP, dan bisa diakses oleh masyarakat.
Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Hari Waluyo, saat dikonfirmasi wartawan, menyatakan, dana dalam program sekolah gratis yang sudah dijalankan juga sudah dicairkan.

“Iya sudah dicarikan. Untuk TK dana yang sudah dicairkan menvapai Rp 289 juta, sedangkan SD Rp 3,1 miliar lebih, dan untuk SMP Rp 1,6 miliar,” sambung dia.

Baca Juga :  Dapat Posisi Kanan, Cabup Petahana Grobogan, Sri Sumarni Langsung Ucapkan Alhamdulillah. Targetkan Raup 95 Persen  Suara

Ia melanjutkan, hingga kini pihaknya terus melakukan evaluasi untuk meningkatkan pelayanan di sektor pendidikan. Evaluasi tersebut dilakukan guna meningkat kompetensi para pelajar di tengah pandemi covid-19.

“Kami terus berkoordinasi dengan satuan pendidikan, para guru juga membantu pelajar yang kesulitan mengikuti pelajaran daring,” terang dia, Jumat (17/7/2020). .
“Berbagai langkah yang sudah dijalankan untuk memenuhi hak pembelajaran para pelajar,” sambung dia.

Ia juga menjelaskan,. evaluasi juga sudah dilakukan, misal ada siswa yang tidak perangkat untuk mengikuti pelajaran daring pihak sekolah kami minta membantu.
“Beberapa guru juga ada yang datang ke rumah siswanya untuk memberikan hak anak-anak mendapatkan ilmu,” imbuh dia.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Semarang terus berupaya agar pemerintah dapat hadir dalam setiap urusan kehidupan masyarakat. Terlebih pada urusan pendidikan, kesehatan, serta ekonomi, yang mana menjadi fokusnya.

Baca Juga :  Terpilih secara Aklamasi, Amir Machmud Kembali Nahkodai PWI Jateng Periode 2020-2025

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan, Pemkot Semarang akan memberlakukan program sekolah gratis untuk swasta secara bertahap, dimulai pada tahun ajaran 2020/2021.

“Terobosan ini menjadi penguatan program pendidikan gratis. Program sekolah swasta gratis di Kota Semarang secara bertahap, yang akan dimulai pertama kali pada tahun ajaran 2020/2021,” terang Hendi sapaan orang nomor satu di Kota Semarang belum lama ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri, menyampaikan, Pemkot Semarang menggratiskan 40 sekolah swasta dalam tahun ajaran baru 2020/2021. Program ini bertujuan agar seluruh warga Semarang dapat menikmati akses pendidikan yang mudah dan murah.

“40 sekolah swasta yang gratis tersebut terdiri dari, 7 TK, 14 SD, dan 19 SMP. Program ini bertujuan agar siswa-siswa yang tidak diterima di sekolah negeri bisa tetap bersekolah di sekolah swasta tanpa kesulitan biaya,” beber Gunawan saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (10/7/2020). Satria Utama