JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bioskop di Indonesia Sepakat Kembali Beroperasi Mulai 29 Juli

Ilustrasi gedung bioskop. Foto: pixabay.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) mengumumkan bahwa jaringan bioskop di seluruh Indonesia serentak akan beroperasi kembali mulai 29 Juli 2020.

Bioskop akan mulai beroperasi setelah pihak pengelola menyelesaikan persiapan penerapan protokol kesehatan di dalam bioskop pada masa new normal, yang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga minggu.

Jaringan bioskop yang akan segera kembali beroperasi adalah yang tergabung dalam GPBSI, yakni Cinema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum, dan New Star Cineplex.

“Para pelaku industri bioskop telah berdiskusi dan sepakat untuk kembali operasional terhitung mulai Rabu 29 Juli 2020, serentak di seluruh Indonesia,” ujar Ketua GPBSI, Djonny Syafruddin, melalui siaran pers, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga :  Besok Batas Akhir Permohonan Gugatan Sengketa Pemilu di MK, TPN Ganjar-Mahfud Siap Daftar Susul Tim AMIN

Keputusan membuka kembali bioskop juga tak lepas dari diterbitkannya Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020.

Surat keputusan itu mengatur tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Hal itu didukung pula oleh surat keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020/ tentang panduan teknis pencegahan dan pengendalian Covid-19 di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatid dalam masa penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19.

Melansir dari Tempo.co, saat ini pengusaha bioskop tengah menyiapkan materi komunikasi dan sosialisasi penerapan protokol new normal di lingkungan bioskop.

Baca Juga :  Begini Luas Dampak Gempa Tuban, di Surabaya, 160 Pasien Dievakuasi dari RS Airlangga

Sementara pihak pengelola juga akan menggelar proses edukasi dan pelatihan internal terkait penerapan protokol kenormalan baru di lingkungan bioskop kepada seluruh karyawan yang akan bertugas.

Selain itu, diperlukan komunikasi kepada industri film, seperti rumah-rumah produksi, terkait kesiapan film serta materi promosi yang akan dilakukan setelah bioskop dapat kembali aktif beroperasi.

“Mari kita bersama-sama berdoa agar setiap persiapan dapat berjalan dengan baik sehingga bioskop dapat kembali melakukan kegiatan operasional dan dapat kembali memberi kontribusi positif bagi pertumbuhan sektor ekonomi kreatif khususnya industri perfilman Tanah Air,” kata Djonny.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com