JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Breaking News: Pabrik Tekstil PT BATI Sragen Terbakar Hebat, Ratusan Buruh Berhamburan Menyelamatkan Diri

Petugas berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar gudang pabrik tekstil PT BATI di Sidoharjo, Sragen, Kamis (16/7/2020) malam. Foto/Wardoyo
Petugas berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar gudang pabrik tekstil PT BATI di Sidoharjo, Sragen, Kamis (16/7/2020) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebakaran hebat melanda gudang milik pabrik tekstil PT Bintang Asahi Tekstil Industri (BATI) Sragen di Desa Purwosuman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Kamis (16/7/2020) malam.

Kebakaran membuat operasional pabrik langsung dihentikan dan ratusan karyawan yang sedang bekerja berhamburan menyelamatkan diri.

Sebanyak 10 mobil pemadam kebakaran dari berbagai wilayah dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api. Hingga saat ini, petugas masih berupaya melakukan pemadaman.

Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar, Sunardi mengatakan kebakaran dilaporkan kali pertama sekitar pukul 20.00 WIB.

Titik api terdeteksi berkobar dari gudang kapas yang berada di kompleks bagian belakang dari pabrik tekstil di tepi jalan Raya Solo-Sragen itu.

“Titik api berada di gudang kapas di bagian belakang pabrik. Kami langsung berkoordinasi dan kemudian menerjunkan petugas dan mobil pemdam kebakaran ke lokasi,” paparnya saat dihubungi JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (16/7/2020) malam.

Baca Juga :  Kasus Meroket, 9 Gram BB Sabu dari Sejumlah Bandar dan Mafia Narkoba Sragen Diblender di Kejaksaan. Ribuan Pil Koplo Dibakar dan Belasan HP Dihancurkan Pakai Palu

Sunardi menguraikan, banyaknya material mudah terbakar membuat api begitu cepat berkobar melahap gudang.

Sementara, ada sekitar lima unit mobil pemadam kebakaran dari Sragen dikerahkan untuk menjinakkan. Namun hingga kini kobaran api masih terus terjadi.

“Upaya pemadaman masih dilakukan. Kami mengerahkan tiga unit mobil damkar, dibantu dua unit dari Solo dan Karanganyar,” terang Sunardi.

Kapolsek Sidoharjo AKP Agung Ari Purnowo yang berada di lokasi, mengatakan saat kebakaran terjadi, lokasi gudang tidak ada petugas atau karyawannya.

Namun di bagian lain, para buruh dan karyawan ada yang bekerja. Sehingga melihat ada gudang terbakar hebat, ratusan buruh langsung berhamburan menyelamatkan diri.

Pihaknya mengaku masih menyelediki terkait penyebab pasti kebakaran. Hingga kini kerugian dan kerusakan belum bisa diprediksi karena fokus utama masih pada pemadaman.

Dari catatannya, setidaknya ada sekitar 10 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi kejadian. Hingga pukul 22.30 WIB, petugas masih berjibaku memadamkan titik api dan mencegah agar tidak sampai merembet ke lokasi lain.

Baca Juga :  Mengejutkan, Kebiasaan Nyleneh Predator Pemerkosa Sejumlah Siswi SMP asal Mondokan Sragen. Bukan Karena Video Cabul, Tapi Jadi Bernafsu Karena Sering Mabuk Bensin Campur Cairan Ini!

“Penyebab kebakaran masih kita selidiki. Posisi pabrik sedang beroperasi. Laporannya memang api tiba-tiba menyala dari bagian belakang. Kalau di gudang yang terbakar tidak ada kegiatan, tapi di sebelahnya bagian lain beroperasi dan buruhnya langsung berlarian. Mobil Damkarnya banyak, sekitar 10 unit karena keluar masuk terus,” urainya.

Wakil Ketua I PMI Sragen, Soewarno mengatakan hingga kini belum ada laporan korban jiwa maupun luka akibat kebakaran tersebut. Pihaknya telah menyiagakan satu unit ambulans PMI Sragen ke lokasi kebakaran.

“Kondisi saat ini api masih menyala. Sementara tidak ada korban luka maupun korban jiwa. Kami juga mengirimkan 2 mobil tangki air untuk membantu proses pemadaman,” terangnya. Wardoyo