JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kemenag Tegaskan Hewan Kurban Tak Perlu Tes Swab Sebelum Disembelih

Sejumlah pedagang sapi di Pasar Nglangon Sragen terpaksa membawa pulang dagangan sapi untuk kurban karena terlalu besar. Foto/Wardoyo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kementerian Agama menegaskan bahwa hewan kurban tidak perlu untuk menjalani tes swab sebelum disembelih. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag), Fuad Nasar, Jumat (3/7/2020) sore.

“Swab test bagi hewan kurban saya kira itu bercanda. Yang penting hewan kurban baik dalam kondisi pandemi atau sudah teruji sehat, tidak mengandung bibit penyakit, aman untuk dikonsumsi dagingnya,” dalam diskusi webinar bertajuk Urgensi Kurban di tengah Pandemi Covid-19, pada Jumat (3/7/2020) sore.

Baca Juga :  Setelah Ditolak di 3 Tempat, Reuni 212 Berlangsung di Sebuah Masjid di Bekasi

Di samping itu, petugas penyembelihan hewan kurban tidak perlu menjalani rapid test terlebih dahulu sebelum bertugas di lapangan. Beberapa protokol untuk panitia kurban, di antaranya pemeriksaan suhu bagi panitia, setiap bagian pemotongan harus panitia yang berbeda, panitia harus menggunakan masker, lengan panjang, dan sarung tangan, panitia harus sering mencuci tangan, serta menghidari menyentuh muka, dan kontak fisik.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua