JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sampai Mei 2020, Utang Klaim Jiwasraya Melambung jadi Rp 19 T

Kantor Pusat Asuransi Jiwasraya / tempo.co
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Utang klaim PT Asuransi Jiwasraya (Persero) per 31 Mei 2020 secara titak telah membengkak menjadi Rp 18 triliun. Sebelumnya, pada Februari 2020, total utang tersebut hanya Rp 16 triliun.

Demikian dikatakan oleh Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

“Kami ingin tekankan, asuransi ini mempunyai janji masa depan yang terus berjalan. Jadi kalau permasalahan ini terus kepanjangan, jumlah tanggungannya terus meningkat,” tutur Kartika dalam rapat bersama Panja Komisi VI DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Kartika memerinci, utang klaim itu terdiri atas tunggakan pembayaran kepada 17.452 peserta pemegang polis JS Saving Plan, 22.735 peserta pemegang polis tradisional korporasi, dan 12.410 peserta pemegang polis tradisional.

Baca Juga :  Prabowo Ingin Borong 15 Jet Tempur Bekas, Pengamat: Tak Sesuai Keinginan Jokowi

Adapun utang klaim kepada JS Saving Plan tercatat senilai Rp 16,5 triliun.

Sedangkan utang klaim untuk polis tradisional mencapai Rp 0,6 triliun. Sisanya, pemegang polis retail, senilai Rp 0,2 triliun untuk klaim ekspirasi atau peserta yang sudah meninggal dan Rp 0,7 triliun untuk klaim tebus.

Total liabilitas Jiwasraya saat ini lebih besar dari aset yang dimiliki. Berdasarkan catatan Kementerian BUMN, aset perseroan pelat merah itu hanya Rp 17 triliun.

Baca Juga :  Kebijakan Penanganan Covid-19 Dipandang Belum Melindungi Perempuan dan Anak-anak di Indonesia

Sedangkan total ekuitas perusahaan saat ini mengalami minus hingga Rp 35,9 triliun.

“Sehingga perusahaan ini kondisi asetnya hanya sepertiga dari liabilitas,” ucapnya.

Sebagai langkah penyelesaian masalah, Kartika mengusulkan opsi restrukturisasi polis. Kartika menyebut, pihaknya bakal menawarkan opsi pemegang polis Jiwasraya untuk memindahkan polisnya ke perusahaan Nusantara Life.

Nusantara Life merupakan perusahaan asuransi bentukan pemerintah yang telah disebut-sebut bakal membantu penyelesaian masalah keuangan Jiwasraya melalui holding asuransi.

www.tempo.co