JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

China Izinkan Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19 Berbasis Serangga, Pada Manusia

Ilustrasi positif corona. Pixabay
ย ย ย 

BEIJING, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ China merupakan salah satu negara yangn ikut berlomba-lomba dalam menciptakan dan memproduksi vaksin Covid-19 guna meredam peredaran pandemi.

Berita terkini, pemerintah China telah mengizinkan uji klinis calon vaksin Covid-19 yang dikembangkan pada sel serangga untuk diuji coba pada tubuh manusia.

โ€œPengembangan vaksin ini menggunakan sel serangga untuk menumbuhkan protein dalam proses pembuatan vaksin Corona dan bisa mempercepat produksi skala besar,โ€ begitu dilansir pemerintah Kota Chengdu lewat sosial media seperti dilansir Channel News Asia, Sabtu (22/8/2020).

Calon vaksin itu dikembangkan oleh Rumah Sakit Cina Barat, yang dikelola Universitas Sichuan di Chengdu.

Vaksin Covid-19 itu mendapat persetujuan dari National Medical Products Administration untuk memasuki tahapan uji klinis pada manusia.

Menurut penelisi, saat calon vaksi ini diuji coba pada monyet, vaksin ini menunjukkan kemampuan mencegah infeksi SARS-CoV-2 tanpa efek samping yang kentara.

Saat ini, ilmuwan Cina juga sedang mengembangkan delapan calon vaksin lainnya yang memasuki tahapan uji klinis berbeda.

Pandemi Covid-19 ini, seperti dilansir Reuters, merebak pertama kali pada Desember 2019 di Kota Wuhan, Cina bagian tengah.

Pandemi Corona ini menyebar ke sekitar 190 negara. WHO meminta pengembangan vaksin dilakukan untuk semua warga dan bukan hanya negara kaya saja.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com