JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Covid-19 Jangkiti 500 Tahanan di Penjara Arizona

Ilustrasi virus corona. Pixabay

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 500 orang, atau sekitar setengah dari populasi di sebuah penjara di Arizona, Amerika Serikat (AS) terpapar Covid-19.

Dari jumlah itu, sebanyak 22 orang tahanan meninggal akibat virus mematikan tersebut.

“Petugas Lembaga Pemasyarakatan ASPC – Tucson Whetstone mengatakan ada 517 tahanan yang terpapar Covid-19,” begitu dilansir Channel News Asia, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga :  Kabar Gembira, Arab Saudi Buka Kembali Layanan Umroh secara Bertahap. Jemaah Luar Negeri Diizinkan Datang Mulai 1 November 2020

Pengelola Lapas ASPC mengatakan para tahanan ini telah dipisahkan dari tahanan lainnya untuk mendapatkan perawatan medis.

“Mereka tidak diizinkan untuk kembali bertemu dengan populasi penjara hingga mereka dinyatakan sembuh,” begitu pernyataan dari pengelola.

Pandemi Corona atau Covid-19 ini menyebar di sejumlah penjara di AS, yang memiliki populasi tahanan terbesar di dunia yaitu sekitar 2.3 juta tahanan.

Baca Juga :  Studi Profesor di Universitas AS Klaim Ada Kemungkinan Wabah Demam Berdarah Hambat Penyebaran Covid-19

Saat ini, petugas lapas di Amerika Serikat mengalami kesulitan menerapkan social distancing atau jaga jarak social karena kondisi ruangan yang penuh sesak.

Petugas lapas juga kekurangan petugas medis serta peralatan pelindung diri di tengah pandemi Covid-19 ini.

www.tempo.co