JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gelar Sayembara Tak Ada Respon, MAKI Yakin Harun Masiku Sudah Meninggal

Harun Masiku / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman yakin dengan dugaannya bahwa buron Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Harun Masiku telah meninggal.

Alasannya, karena selama dia melakukan sayembara berhadiah ponsel, dirinya sama sekali tak mendapatkan informasi soal keberadaan mantan calon anggota legislatif PDIP tersebut.

“Untuk HM sama sekali tidak ada data masuk,” kata Boyamin saat dihubungi, Minggu (2/8/2020).

Boyamin mengatakan, tidak ada informan yang memberikan info mengenai keberadaan Harun selama sayembara berlangsung hampir empat bulan. Karena itu, Ia berkeyakinan Harun sudah tiada.

“Karena bukti hidup tidak ada,” kata dia.

Baca Juga :  Sulitnya Pertemuan Jokowi-Megawati, Politikus PDIP: Kesalahan Jokowi Jauh Lebih Banyak Ketimbang SBY

MAKI menggelar sayembara kepada siapa saja yang bisa memberikan informasi mengenai keberadaan tersangka kasus suap anggota KPU itu, serta mantan Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi. Sayembara berhadiah ponsel.

Menurut Boyamin, berbeda dengan info soal Harun yang nihil, informasi mengenai Nurhadi datang hampir setiap hari. Menurut dia, informasi itu valid. Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono sudah ditangkap oleh KPK pada awal Juni 2020.

Belakangan ini, nama Harun Masiku kembali menjadi perbincangan di media sosial.

Perbincangan itu dipicu oleh tertangkapnya terpidana kasus cessie Bank Bali, Djoko Tjandra setelah menjadi buronan selama 11 tahun. Warganet mempertanyakan kapan KPK akan menangkap Harun.

Baca Juga :  Polri Klaim Angka Kecelakaan Lalu Lintas Arus Mudik Lebaran  2024 Turun 12 Persen

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan lembaganya tetap mengejar Harun Masiku. KPK, kata dia, pernah mendapatkan informasi soal keberadaan Harun di suatu tempat. KPK menelusuri informasi itu, tapi hasilnya nihil.

“Sampai sekarang belum memberikan hasil, artinya HM belum tertangkap semata karena faktor teknis,” kata dia.

Soal dugaan Harun Masiku meninggal, Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya belum pernah mendapatkan informasi seperti itu.

“KPK tidak memperoleh informasi dan bukti yang valid bahwa tersangka HM telah meninggal,” kata dia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com