JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Benarkah Ada Potensi Tsunami di Pantai Paranggupito Wonogiri? Simak Penjelasan Berikut ini Lur

Gelombang tinggi mengempas bibir pantai Sembukan Wonogiri.
madu borneo
madu borneo
madu borneo

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Deretan pantai di Kecamatan Paranggupito Wonogiri ternyata memiliki potensi terpapar bencana tsunami.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, potensi bencana tsunami memang ada. Namun kalau catatan tentang kejadian tsunami zaman dulu, belum diketahui.

“Panjang garis pantai sekitar 7,6 kilometer. Untuk catatan kejadian tsunami belum diketahui, tapi di pantai Wonogiri kerap diterjang gelombang tinggi,” ujar dia, Senin (28/9/2020).

Baca Juga :  Begini Ternyata Langkah Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami, Ingat Penelitian dan Peringatan Dini Belum Menjamin Keberhasilan Pencegahan Timbulnya Korban

Gelombang tinggi yang melanda garis pantai di Kecamatan Paranggupito bervariasi. Biasanya sekitar satu atau dua meter. Tapi pernah ada gelombang tinggi sekitar 6-8 meter.

“Dulu sampai merusak deretan warung di pantai Nampu,” jelas dia.

Namun sapuan gelombang tidak sampai mengenai pemukiman. Pasalnya kontur pantai di Wonogiri bertebing cukup tinggi.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah menggelar gladi lapang penanggulangan bencana di pantai-pantai Paranggupito. Pihaknya memaksimalkan pengetahuan dan kearifan lokal dalam mengantisipasi bencana tersebut.

Baca Juga :  Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Gelar Webinar Dalam Rangka Hari Santri 2020, Terkait Kebersihan dan Keindahan Ponpes ini Layak Dicontoh

“Jadi contohnya memperhatikan gejala tsunami yang ditunjukkan dengan menyusutnya air laut. Jika itu terjadi harus segera lari ke tempat yang tinggi,” tandas dia.

Camat Paranggupito Sulistiyani ketika dihubungi menyebutkan belum menemukan catatan adanya tsunami di wilayahnya. Aria