JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Catat Rekor Baru Lagi, Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Tambah 4.634. Satgas Sebut Terkait Pilkada

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. Foto: Dok BPNB/M Arfari Dwiatmodjo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Angka pertambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali mencatat rekor tertinggi, yakni 4.634 kasus pada Kamis (24/9/2020). Dengan penambahan tersebut, total kasus positif Covid-19 di Indonesia kini mencapai 262.022 kasus.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, penambahan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia yang masih tinggi tidak lepas dari penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.

“Kami masih melihat penambahan kasus positif yang cukup tinggi dan ini juga terkait dengan Pilkada,” ujar Wiku dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (24/9/2020).

Dia pun mengaku prihatin dengan adanya calon kepala daerah yang menggelar acara tatap muka dam menimbulkan kerumunan massa di masa pandemi. Pasalnya, acara tatap muka dapat memicu penularan virus dan membuat pasien Covid-19 semakin bertambah.

Baca Juga :  Menaker Jamin UU Cipta Kerja Sejahterakan Pekerja Kontrak dan Tetap, Serikat Buruh Mengaku Tak Puas

“Apapun alasannya sudah sepatutnya bahwa wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat betul-betul dapat melindungi rakyatnya, keselamatan rakyatnya. Sehingga semua pesta demokrasi bisa dijalankan dengan baik,” jelasnya.

Lebih lanjut Wiku mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah menerbitkan PKPU Nomor 13 tahun 2020 yang mengatur sanksi bagi calon kepala daerah yang menggelar kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan. Aturan itu sekaligus menegaskan bahwa konser musik, bazar, hingga perlombaan selama tahapan Pilkada 2020 dilarang.

“Kegiatannya bisa dilakukan dalam bentuk yang lainnya seperti virtual atau online,” ucap Wiku.

Wiku meminta para calon kepala daerah bersama-sama melindungi masyarakat di dalam proses Pilkada. Hal ini demi menekan angka penyebaran Covid-19 di tanah air yang terus bertambah setiap harinya.

Baca Juga :  ICW Laporkan Ketua dan Deputi Penindakan KPK ke Dewas Soal OTT di UNJ

“Perang melawan Covid-19 tidak bisa kita lakukan sendiri. Kami harapkan komitmen seluruh masyarakat bersama calon kepala daerah untuk betul-betul bisa melindungi masyarakat di dalam proses Pilkada kedepan,” kata Wiku.

Sebagai informasi, kasus baru positif Covid-19 di Indonesia kembali mengalami peningkatan dan mencetak rekor penambahan tertinggi. Pada Kamis (24/9/2020), jumlah penambahan kasus positif mencapai 4.634 orang. Sehingga kini total kasus positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 262.022 kasus.

Informasi tersebut berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang disampaikan Satgas Penanganan Covid-19. Sementara yang juga mengkhawatirkan adalah jumlah total pasien meninggal positif Covid-19 yang hari ini telah mencapai angka 10.105 orang.

Sedangkan jumlah pasien sembuh dan dinyatakan negatif Covid-19, mencapai 191.853. Angka tersebut setelah terjadi penambahan 3.895 kasus sembuh. Liputan 6