JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Seperti Ini Keistimewaan dan Makna Bulan Muharram, Amal Ibadah Selama Bulan Haram Pun Dilipatgandakan

Doa bersama di bulan Muharram di Kodim 0728 Wonogiri. Dok. Kodim 0728
   
Doa bersama di bulan Muharram di Kodim 0728 Wonogiri. Dok. Kodim 0728

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Keluarga besar Kodim 0728 Wonogiri mengikuti doa bersama di Masjid Kartika Kodim 0728/Wonogiri. Kegiatan itu digelar untuk memperingati Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M.

Kegiatan tersebut bertemakan ‘Dengan semangat Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M kita tingkatkan sinergitas TNI Bersama seluruh komponen bangsa menuju tatanan kehidupan baru. Menjadi penceramah yaitu Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar.

Dalam Tausiyahnya Kasdim menyampaikan makna dari tahun baru Islam tersebut. Para ahli tafsir menjelaskan bahwa amalan ibadah selama bulan haram, pahalanya akan dilipatgandakan. Hal ini berlaku juga untuk amalan buruk di bulan haram tersebut juga akan dilipatgandakan.

“Hal tersebut dijelaskan oleh Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir yang menjelaskan, Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa di samping melipatgandakan perbuatan baik,” beber dia, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga :  SDIT Nur Rohman Slogohimo Wonogiri Gelar Sosialisasi Anti Bullying

Selain itu, tahun baru Islam juga memiliki makna mendalam dan spesial bagi umat muslim. Berikut tiga makna Tahun Baru Islam. Yang pertama 1Muharram juga diperingati sebagai pengingat peristiwa penting saat Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah yang kemudian melahirkan agama Islam. Setelah Nabi Muhammad SAW hijrah, Islam mengalami perkembangan pesat dan semakin menyebar hingga ke Mekkah dan wilayah sekitarnya.

Nabi Muhammad SAW memutuskan hijrah setelah memperoleh wahyu dan perintah dari Allah untuk menyebarkan ajaran Islam ke masyarakat.

“Yang kedua, Tahun baru Islam juga dimaknai sebagai semangat perjuangan yang tak kenal lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama Islam oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya,” jelas Kasdim.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Meskipun banyak tantangan dan rintangan, Nabi Muhammad SAW dan sahabat tak pernah menyerah atau pesimis. Bahkan Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah meninggalkan tempat kelahirannya, saudara, dan harta bendanya hanya agar bisa memenuhi perintah dan wahyu yang diberikan Allah SWT.

Ketiga, pergantian tahun baru Islam juga dimaknai sebagai momen untuk intropeksi diri atau muhasabah. Seiring waktu yang terus berjalan dan berlalu, dengan adanya tahun baru Islam, diharapkan umat muslim lebih mawas diri, introspeksi dan bermuhasabah atas segala tindakan dan perbuatan yang dilakukan selama 12 bulan. Sekaligus memikirkan apa yang harus diperbaiki dan amalan apa yang harus ditinggalkan di tahun mendatang. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com