JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hati-hati, Beredar Pesan WA Pendaftaran Program Kartu Prakerja Lewat Situs Palsu. Ini Alamat Situs Asli dan Satu-satunya

Tampilan depan laman prakerja.go.id untuk mendaftar program kartu prakerja. Foto: Joglosemarnews
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Beredar pesan berantai melalui aplikasi WhatsApp atau WA yang menyebutkan tentang program bantuan pemerintah, yakni Kartu Prakerja, disebut memuat alamat situs pendaftaran palsu. Masyarakat pun diminta waspada dan hanya melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja di alamat resmi, yaitu prakerja.go.id.

Dalam pesan berantai yang beredar belakangan ini, disebutkan bahwa pendaftaran program Kartu Prakerja melalui alamat situs yang mirip, namun menggunakan domain yang berbeda. Situs palsu yang beredar yakni menggunakan domain .vip, sedangkan yang asli menggunakan domain .go.id, yang menandakan bahwa itu situs milik lembaga pemerintah Indonesia.

Sehingga, jika mendapati pesan pendaftaran program Kartu Prakerja yang menyebut alamat situs prakerja.vip, bisa dipastikan itu merupakan pesan palsu dan wajib diwaspadai.

Pemerintah melalui akun media sosial Instagram resmi, @prakerja.go.id, juga meminta agar masyarakat berhati-hati dan tidak sembarangan menuliskan data pribadi ke laman situs yang tidak jelas. Masyarakat juga diminta mewaspadai agar tidak tertipu dengan hoaks menggunakan laman palsu yang mengatasnamakan program Kartu Prakerja seperti prakerja.vip.

Baca Juga :  Polri Klaim Angka Kecelakaan Lalu Lintas Arus Mudik Lebaran  2024 Turun 12 Persen

“Pastikan Sobat tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat e-mail, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggungjawab,” tulis akun Instagram program Kartu Prakerja seperti dikutip, Senin (12/10/2020).

Pemerintah juga meminta masyarakat yang menemukan informasi yang mencurigakan dan mengatasnamakan program Kartu Prakerja untuk segera menghubungi nomor bebas pulsa layanan Kartu Prakerja di nomor 0800-150-3001.

Dikutip dari prakerja.go.id, program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) karena pandemi Covid-19. Selain itu program ditujukan kepada pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan Kartu Prakerja, simak sejumlah langkah berikut ini terkait cara pendaftaran Kartu Prakerja di laman situs resmi prakerja.go.id:

1. Calon peserta membuka situs resmi www.prakerja.go.id. Langkah awal yang dibutuhkan adalah membuat akun Kartu Prakerja, dengan mengisi data diri seperti nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi.

Baca Juga :  Hasto Sebut, untuk Bertemu Megawati, Presiden Jokowi Harus Lewat Anak Ranting

2. Pilih metode verifkasi dan masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via e-mail atau SMS. Jika proses tersebut rampung, maka akun Kartu Prakerja Anda sudah berhasil dibuat.

Kemudian, Anda bisa mulai mendaftar program Kartu Prakerja dengan mengikuti tahapan berikut ini:

1. Masuk ke akun, kemudian klik Daftar Kartu Prakerja.

2. Isi formulir pendaftaran seperti nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kerja, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan foto KTP.

3. Klik selanjutnya.

4. Ikuti tes kemampuan dasar selama 15 menit.

5. Klik selesai.

6. Calon penerima akan menerima notifikasi, kembali ke situs prakerja.go.id, dan gabung ke gelombang pendaftaran.

Namun program Kartu Prakerja untuk tahun anggaran 2020 telah selesai dengan ditutupnya gelombang 10 pada 28 September 2020 lalu.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com