JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS Jalin Kerja Sama dengan Pemprov Sulawesi Tengah Tentang Pengembangan SDM

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara UNS dengan Pemprov Sulawesi Tengah yang langsung dilakukan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. Longki Djanggola di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (6/10/2020). Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara UNS dengan Pemprov Sulawesi Tengah yang langsung dilakukan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. Longki Djanggola di Ruang Sidang 2 Gedung dr. Prakosa UNS, Selasa (6/10/2020).

Dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan bahwa UNS tidak bisa berkembang seperti sekarang tanpa bekerja sama dengan pihak lain. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sulawesi Tengah yang saat ini Wakil Gubernurnya langsung hadir ke UNS untuk menjalin kerja sama.

Kerja sama antara UNS dengan Pemprov Sulawesi Tengah ini meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Sulawesi Tengah,” terang Prof. Jamal.

Baca Juga :  Biro Mawa UNS Gelar Koordinasi Pemilihan Anggota MWA Unsur Mahasiswa

Prof. Jamal berharap, penandatanganan kesepakatan bersama ini tidak hanya menjadi seremonial semata. Pasca penandatanganan ini, Prof. Jamal berharap akan ada kegiatan nyata antara UNS dan Pemprov Sulawesi Tengah. “Bisa dengan studi lanjut untuk SDM Pemprov Sulawesi Tengah di UNS. Atau dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan Pemprov Sulawesi Tengah. Dan semoga kedepan UNS banyak ditaburi mahasiswa dari seluruh provinsi di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Dr. Longki Djanggola mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari UNS. “Bukti dari keseriusan kami yaitu dengan datang langsung ke UNS meski masih dalam pandemi Covid-19 dan tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Dr. Longki.

Baca Juga :  Tim PKM UNS Tawarkan Solusi Ketahanan Pakan Ternak di Yogyakarta

Dr. Longki menyampaikan bahwa Sumber Daya Alam (SDA) di Sulawesi Tengah sangat melimpah. Sulawesi Tengah memiliki tambang Nikel terbesar di Indonesia. Serta masih ada potensi lain yang bisa dikembangkan yang meliputi pertanian, perkebunan dan pariwisata.

“Kami membuka ruang seluas-luasnya untuk akademisi UNS, mahasiswa serta alumni UNS untuk melakukan penelitian atau berkarya di Sulawesi Tengah. Sehingga tidak hanya dalam pendidikan, namun kerja sama di sektor lain juga kami harapkan,” tukas Dr. Longki. Prihatsari