JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Ajak Warga ke TPS, Bawaslu Solo Pastikan Penyelenggara Pilkada Sehat

Webinar Solo Raya Komite Pengawal Demokrasi Indonesia bertema Meningkatkan Partisipasi Masyarakat untuk Mensukseskan Pilkada Solo 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Senin (30/11/2020) di Studio TATV Solo. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ketua Bawaslu Solo, Budi Wahyono memastikan para penyelngara Pilkada Solo 2020 nanti dalam kondisi sehat. Untuk itu, pihaknya meminta dan mendorong warga untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal itu dia sampaikan dalam Webinar Solo Raya Komite Pengawal Demokrasi Indonesia bertema Meningkatkan Partisipasi Masyarakat untuk Mensukseskan Pilkada Solo 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Senin (30/11/2020) di Studio TATV Solo

“Sehingga kami meminta masyarakat atau kelompok pemilih tidak usah paranoid datang ke TPS guna menyalurkan suara,” kata Budi.

Baca Juga :  Di Tengah Pandemi, PMI Solo Tetap Siaga Bencana Banjir

Selain Budi Wahyono, turut ikut dalam webinar itu adalah Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, Juru Bicara Kancane Gibran Geess, Imelda Yuniati, Ketua Harian Tim Pemenangan pasangan Bagyo Wahyono-F.X. Supardjo (Bajo), Robert Hananto, serta aktivis pemantau pemilu, Nusa Aksara Daryono.

Budi memaparkan, selama ini prosedur penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat terus dilakukan. Termasuk mengawasi segala kegiatan dua pasangan calon bersama tim sukses di lapangan.

Selain penggunaan masker saat berkampanye, rapid test hingga tiga kali juga dilakukan. Lalu pola kampanye sehat juga digalakkan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Peristiwa Sriwijaya Air SJ 182 Tak Pengaruhi Penjualan Tiket di Solo

“Sejauh ini Alhamdulillah kedua paslon patuh dengan prokes di setiap kegiatan kampanye. Untuk itu, kepada masyarakat gunakan suaramu sebagai hak, gunakan maskermu sebagai kewajiban,” tegas dia.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti juga memastikan petugas penyelenggara sudah menjalani rapid test.

“Petugas KPPS nanti mengenakan masker dan face shield, serta penyemprotan disinfektan area TPS untuk sterilisasi.Pemilih yang dicek suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celcius dipisahkan jalur dan bilik suaranya dari pemilih lain. Semuanya bakal aman untuk masyarakat,” tutur Nurul. Prabowo