JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Terminal Tirtonadi Juara Pertama dalam Lomba Terminal Sehat Kementerian Kesehatan

Sky Bridge Terminal Tirtonadi Solo. Triawati
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Teminal Tipe A (TTA) Tirtonadi Solo berhasil menjadi juara satu dalam lomba Terminal Sehat Kementerian Kesehatan. Pengumuman pemenang tersebut dilaksanakan secara daring pada Selasa (17/11/2020).

“Alhamdulillah kita berhasil mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama Terminal Sehat yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan,” papar Koordinator Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, Sabtu (21/11/2020).

Penilaian dan verifikasi lapangan dilaksanakan oleh tim penilai, yang berjumlah 3 orang dari Kementerian Kesehatan. Salah satu poin yang menjadi tinjauan utama adalah pelaksanaan adaptasi kebiasaan baru (new normal) yang kini menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan di tempat publik.

“Kalau tahun lalu kan belum ada New Normal, nah tahun ini ada dan masuk menjadi salah satu kategori penilaian,” imbuhnyam

Baca Juga :  Akbara Solo Berangkatkan Tim Relawan Ke Merapi

Joko mengatakan, sejak awal pandemi covid-19, pihaknya telah mengikuti arahan-arahan yang diberikan baik oleh pemerintah pusat, melalui Kementerian Kesehatan, maupun oleh Pemkot melalui Dinas Kesehatan. Karenanya, dirinya tak pernah kendor dalam melaksanakan protokol kesehatan yang ada.

“Protokol kesehatan jalan terus. Cuci tangan, pakai masker, pakai sarung tangan bagi petugas, dan lainnya. Sosialisasi juga kita laksanakan dengan menggunakan poster dan banner. Selain itu kita umumkan selalu melalui pengeras suara yang ada di Tirtonadi,” paparnya.

Joko mengaku perbedaan fokus pada penilaian Lomba Terminal Sehat ini, merupakan tantangan bagi insan perhubungan, untuk bisa berupaya maksimal, guna memberikan jaminan rasa aman kepada penumpang dan pengunjung terminal.

Baca Juga :  Bertemu Gibran, Eks Napi Bom Bali Menaruh Harapan Ini

“Kalau dulu fokusnya hanya kebersihan, kerapian, makanan sehat, sumber air sehat, dan toilet sehat, sekarang protokol kesehatan, dan itu sudah kita laksanakan maksimal. Kita optimis dengan penjuriannya,” terangnya.

Sementara itu, penanggungjawab pelaksanaan lomba terminal sehat TTA Tirtonadi, Jamaludin mengatakan penilaian lomba terdiri dari 2 hal. Yang pertama adalah administrasi kesehatan yang disertakan data pendukung, dan yang kedua tinjauan lapangan.

“Yang pertama itu verifikasi administrasi yang kita setorkan sebulan yang lalu. Kemudian verifikasi lapangan, dengan tim penilai yang terjun langsung ke TTA Tirtonadi,” tukasnya. Prihatsari