JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cocok Digunakan untuk Pemanis Teh Poci, Ternyata Ini 8 Manfaat Konsumsi Gula Batu bagi Kesehatan

Ilustrasi gula batu. Foto: pixabay.com
Madu Borneo
Madu Borneo
Madu Borneo

JOGLOSEMARNEWS.COM Tidak berbeda dengan gula pasir, gula batu juga kerap digunakan sebagai penambah rasa manis, terutama dalam minuman, seperti teh yang disajikan dalam poci tanah liat.

Ukurannya lebih besar dari gula pasir hingga menyerupai bongkahan batu, gula batu memang lebih sulit larut sehingga rasa manis yang dihasilkan muncul lebih perlahan.

Selain dapat menambah kenikmatan sebuah minuman, ternyata gula batu juga baik untuk kesehatan selama dikonsumsi secara wajar dan dalam jumlah yang tepat.

Manfaat gula batu tersebut sebenarnya tidak lain berasal dari kandungan vitamin dan mineral yang dikandungnya. Di dalam gula batu terdapat kandungan vitamin B12, nutrisi, karbohidrat, serta sejumlah zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jadi tidak heran, apabila mengonsumsi gula batu dengan takaran yang tepat bisa memenuhi kebutuhan tubuh serta mampu menjaga kondisi kesehatan.

Lantas apa saja manfaat dari mengonsumsi gula batu? Berikut beberapa di antaranya:

1. Menambah Tenaga
Manfaat gula batu yang pertama yakni untuk menambah tenaga. Ketika tubuh mulai terasa lemas usai beraktivitas, maka dengan mengonsumsi gula batu yang ditambahkan dalam minuman, seperti teh atau kopi, akan dapat membantu mengembalikan tenaga Anda.

Gula batu kaya akan kandungan karbohidrat yang ternyata mampu memberi tambahan tenaga agar tubuh bisa beraktivitas.

Saat mengonsumsi gula batu, maka akan gula yang masuk ke dalam tubuh akan akan diubah menjadi glikogen yang kemudian disimpan pada otot dan berfungsi untuk menambah tenaga pada tubuh supaya kuat melakukan aktivitas.

2. Mengatasi Darah Rendah
Gula batu juga bisa mengatasi masalah darah rendah. Apabila Anda salah satu penderita tekanan darah rendah, umumnya akan mudah mengalami gejala seperti pusing, mata berkunang-kunang, bahkan tubuh terasa lemah lesu.

Jika kondisi ini tidak segera ditangani bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kerusakan otak hingga jantung. Itulah mengapa, cara paling cepat untuk mengatasi darah rendah adalah dengan mengonsumsi gula batu yang diseduh dengan menggunakan teh hangat.

Baca Juga :  Ternyata Olahraga Lari Tidak Boleh Dilakukan Setiap Hari, Apa Alasannya?

Sebab, ketika mengonsumsi gula batu, maka glikogen di hati akan ditransfer menuju hipotalamus. Hal tersebut bisa memengaruhi kinerja otak dan kecepatan denyut jantung Hasilnya, tekanan darah akan meningkatkan dan Anda dapat kembali beraktivitas secara maksimal dan optimal.

3. Meredakan Nyeri Menstruasi
Hampir setiap perempuan pernah merasakan nyeri ketika menuju masa menstruasi. Timbulnya kondisi ini tidak lain karena adanya kontraksi otot pada rahim yang disebabkan oleh hormon prostaglanindin. Pada akhirnya, rasa nyeri tersebut bisa makin kuat ketika hampir mendekati masa menstruasi.

Dengan adanya kandungan flavonoid pada gula batu bisa efektif untuk meredakan rasa nyeri saat menstruasi.

4. Baik untuk Ibu Menyusui
Gula batu ternyata juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Gula batu diyakini sangat bermanfaat bagi ibu menyusui karena bisa bekerja sebagai antidepresan yang dampaknya akan meningkatkan produksi ASI.

5. Meredakan Stres
Kesibukan sehari-hari terkadang dapat membuat tubuh menjadi tegang, tidak tenang, hingga timbul stres. Jika dibiarkan, kondisi ini mungkin meningkatkan risiko depresi.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Cara alternatif yang paling mudah untuk mengatasi kondisi ini dengan menyeduh minuman yang diberi tambahan gula batu.

Manfaat gula batu ternyata ampuh dalam meredakan stres. Sebab, pemanis berbentuk keras ini mampu merangsang hormon bahagia yang terdapat di dalam tubuh. Di sisi lain, kandungan pada gula batu juga sangat efektif untuk menurunkan tegang di otak.

6. Menyembuhkan Luka
Gula batu ternyata juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Sebenarnya, gula batu sudah digunakan dalam pengobatan tradisional Mesir sejak 1700 SM. Sebab, gula batu mengandung antimikroba yang ternyata memiliki peran penting untuk menghambat bakteri pada luka serta menurunkan risiko terjadinya pembengkakan.

Baca Juga :  Kapan Masker Kain Harus Diganti yang Baru? Ini Tanda-tandanya

Cara penggunaannya pun mudah, cukup membubuhkan gula pada luka. Lalu tutup luka dengan perban. Biarkan butiran-butiran yang ada di gula batu tersebut meresap ke dalam luka.

7. Optimalkan Fungsi Otak
Manfaat gula batu juga sangat baik dalam mengoptimalkan fungsi otak. Sebab, tanpa adanya zat gula dalam tubuh, otak tidak mampu bekerja dengan baik.

Saat zat gula tidak mampu mencapai otak maka yang paling parah otak bisa berhenti bekerja bahkan kehilangan kemampuan kerjanya. Itulah mengapa konsumsi gula sangat disarankan.

8. Mencegah Bau Mulut
Munculnya bau dari mulut sangat mungkin terjadi. Salah satu penyebabnya adalah karena bakteri yang menumpuk di gusi akibat tidak menjaga kebersihan mulut dengan rutin.

Fungsi gula batu dalam mencegah bau mulut ini sebenarnya mirip dengan permen. Namun jangan konsumsi gula batu berlebihan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Anjuran Konsumsi Gula

Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam jumlah yang terbatas. Baik gula dalam bentuk pasir, cair, maupun batu, sebenarnya tidak terlalu berbeda dalam hal kandungan di dalamnya.

Namun yang paling penting adalah mengetahui batasan konsumsi maksimalnya. Jangan terlalu banyak mengonsumsi jenis gula apapun, karena tidak baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi gula berlebihan bisa membuat Anda terkena penyakit diabetes, jantung, hingga deretan penyakit serius lainnya.

Jadi, berapa jumlah konsumsi gula yang disarankan dalam sehari? Rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI, maksimal konsumsi gula adalah 50 gram setiap harinya atau setara dengan empat 4 sendok makan.

Itulah mengapa, meski ada beragam manfaat gula batu, jangan konsumsi terlalu banyak. Apabila memiliki masalah kesehatan, tanyakan perihal jumlah konsumsinya ke dokter. Liputan 6