JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dukung Pelarangan WNA Masuk RI, Rudy: Dampak Covid-19 Harus Ditanggung Bersama

Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo.

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mendukung penuh kebijakan pemerintah pusat yang memutuskan untuk menutup pintu masuk kedatangan bagi warga negara asing (WNA) dari semua negara per tanggal 1 Januari 2021 mendatang. Meski demikian, Rudy mengakui pengaruh kebijakan tersebut pada pengurangan pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut Rudy, kebijakan tersebut efektif mengantisipasi penyebaran covid-19 terutama varian baru.

Baca Juga :  Vaksinasi Covid-19 Hari Pertama, 131 Warga Semarang Tak Datang, 18 Orang di Solo Dikeluarkan dari Daftar dan 18 Orang Ditunda!

“Kebijakan WNA dilarang masuk ke Indonesia, saya mendukung penuh 1000 persen. Biar tidak ada varian baru dari covid-19 muncul di Indonesia,” urainya, Selasa (29/12/2020).

Rudy mengungkapkan, pandemi Corona mengenai hampir seluruh negara di Indonesia dan merupakan bencana non alam tingkat internasional. Termasuk Indonesia, untuk itu dampak yang diakibatkan pandemi harus ditanggung bersama.

“Ya berpengaruh tentu saja iya, tapi kan covid-19 ini dampaknya harus ditanggung bareng-bareng. PAD tetap berkurang, tapi demi pandemi segera berakhir,” tukasnya.

Baca Juga :  Peristiwa Sriwijaya Air SJ 182 Tak Pengaruhi Penjualan Tiket di Solo

Seperti diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian Luar Negeri memutuskan untuk menutup pintu masuk kedatangan bagi WNA dari semua negara mulai tanggal 1 Januari 2021. Keputusan tersebut diambil menyusul ditemukannya virus Corona varian baru yang memiliki penyebaran lebih cepat. Prihatsari