JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Mahasiswa FP UNS Berikan Edukasi Pertanian dengan Microgreen Kepada Siswa SD

Tim Program Kreativitias Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memberikan edukasi pertanian dengan Microgreen kepada siswa di SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tim Program Kreativitias Mahasiswa bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memberikan edukasi pertanian dengan Microgreen kepada siswa di SD Muhammadiyah 3 Surakarta.

Tim ini terdiri dari Rosyid Dwi Windarto (Prodi Agribisnis), Rahmatdani Ardian Perkasa (Prodi Agribisnis), Arifianto Pemdyan Nur R (Prodi Agribisnis), Larasati Annisa Bella K (Prodi Agroteknologi) dan Rika Mayang Hapsari (D3 Agribisnis minat Hortikultura), dengan dosen pendamping Dr. Ernoiz Antriyandarti.

Ketua tim, Rosyid Dwi Windarto mengatakan, turunnya minat generasi muda terhadap sektor pertanian menjadi salah satu masalah serius yang harus dihadapi dan diantisipasi. Sosialisasi ataupun promosi yang dilakukan oleh pemerintah sangat kurang tentang dunia pertanian kepada generasi penerus. Padahal pertanian merupakan sektor potensial untuk dikembangkan.

“Oleh karena itu, kami mengadakan kegiatan edukasi pertanian pada siswa SD melalui pengalaman belajar bercocok tanam sederhana agar dapat membuka pandangan tentang bercocok tanam dan meningkatkan minat siswa untuk berkebun,” terang Rosyid Dwi Windarto, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga :  Dua Prodi FKOR UNS Raih Akreditasi A

Rosyid mengatakan, timnya memilih mengenalkan Microgreen karena metode penanamannya cukup mudah dan efisien untuk dipelajari siswa SD. Microgreen adalah tanaman muda, lunak, serta tanaman  yang  dapat  dimakan  dan dipanen sebagai bibit. Microgreen dijual sebagai produk mentah untuk digunakan di salad, sandwich ataupun sebagai hiasan.

Dengan adanya pandemi Covid-19 menjadi kendala kegiatan ini, sehingga kegiatan dilaksanakan secara daring. Sosialisasi dan pendampingan dilaksanakan melalui whatsapp group dengan wali murid untuk diteruskan kepada putra-putrinya. Untuk memudahkan pelaksanaan edukasi, tim menyusun buku panduan yang berjudul “Budidaya Microgreen Sebagai Wujud Kebun Sekolah Aktif Pelajar Masa Kini”. Panduan yang diberikan juga berupa video tutorial animasi yang menarik, yang diunggah di youtube.

Baca Juga :  Mahasiswa UNS Didorong untuk Berprestasi di Tingkat Internasional

Sementara itu, Kaprodi Agribisnis FP UNS, Dr. Sri Marwanti mengatakan sangat mendukung terbitnya buku ini sebagai hasil kreativitas dan karya kolaborasi mahasiswa untuk memotivasi pembelajaran aktif pertanian pangan bagi para siswa.

“Agar kegiatan ini tidak hanya dilakukan di SD Muhammadiyah 3 Surakarta tetapi juga di SD lainnya khususnya SD Adiwiyata, tim PKM-M ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Surakarta untuk mensosialisasikan buku panduan Microgreen tersebut.

Sehingga kegiatan ini dapat dipraktekkan langsung oleh siswa di rumah masing-masing selama pandemi, dan menjadi kegiatan kebun sekolah aktif di lingkungan Kota Surakarta setelah pandemi,” ujar Dr. Sri Marwanti. Prihatsari