JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ternyata Wonogiri Punya 336 Inovasi Daerah Loh, Sebanyak 278 Diantaranya Terverifikasi di Innovative Government Award (IGA) Kemendagri. Jadi Penyebab Wonogiri Raih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terinovatif

Kepala Bappeda dan Litbang Wonogiri Heru (kanan) mendampingi Bupati Joko Sutopo. Foto : istimewa

Inovasi daerah
Kepala Bappeda dan Litbang Wonogiri Heru (kanan) mendampingi Bupati Joko Sutopo. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ternyata Pemkab Wonogiri memiliki sebanyak 336 buah inovasi daerah. Dari jumlah itu sebagian besar di antaranya berhasil terverifikasi di Kemendagri.

Lantaran itu pula kembali Wonogiri sukses meraih penghargaan tingkat nasional sebagai Kabupaten Terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2020 di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (18/12). Wonogiri layak menyandang sebagai kabupaten terinovatif karena mampu menyodorkan 278 inovasi kepada tim penilai Anugerah Innovative Government Award (IGA) 2020.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) Kabupaten Wonogiri Heru Utomo mengatakan, penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Mendagri Tito Karnavian kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Penyerahan penghargaan dibagi sesi pagi, siang dan malam. Sesi pagi untuk daerah inovatif, sesi siang sampai sore untuk daerah sangat inovatif dan sesi malam untuk daerah terinovatif.

Baca Juga :  Hingga Hari Kedua Jumlah Tenaga Kesehatan Wonogiri yang Divaksin COVID-19 Capai 36 Persen, Lebih Tinggi Dibandingkan Daerah Lain, Ternyata ini Gegaranya

“Wonogiri ikut yang malam, penyerahannya dilakukan langsung oleh Mendagri,” kata dia, Minggu (20/12/2020).

Wonogiri berhasil meraih predikat Kabupaten Terinovatif karena mampu berinovasi di bidang peningkatan pelayanan pubik, tata kelola pemerintahan dam pembangunan di daerah. Wonogiri mempunyai inovasi terbanyak. Ada 336 inovasi yang dikirimkan, sedangkan yang terverifikasi mencapai 278 inovasi.

Dia mencontohkan beberapa inovasi dari Wonogiri yang dipaparkan kepada tim penilai. Antara lain aplikasi Telunjuk Sakti dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), aplikasi Hadirku dan Sitampan dalam tata kelola pemerintahan, serta kebijakan pembangunan jalan Satu Ruas Tuntas yang diterapkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Anugerah Innovative Government Award tersebut diikuti 485 pemerintah daerah provinsi, kota dan kabupaten dari seluruh Indonesia. Wonogiri semula masuk sebagai nominator 12 besar.

Baca Juga :  Ternyata ini Penyebab Sejumlah Tenaga Kesehatan Wonogiri Tertunda Divaksin COVID-19, Mulai Tekanan Darah Tinggi hingga Tak Ada e-Tiket

“Pada malam penyerahan, Wonogiri menempati nomor urut dua yang dipanggil untuk menerima penghargaan. Nomor satunya Kabupaten Situbondo. Padahal, Situbondo hanya punya sekitar 150 inovasi. Sedangkan Wonogiri punya 278 inovasi,” terang dia.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, inovasi merupakan solusi mengatasi permasalahan dengan mengoptimalkan potensi daerah. Pihaknya mencanangkan Gerakan Sesarengan Mbangun Inovasi Daerah (Gerbang Indah) Wonogiri untuk membangun budaya inovasi guna memaksimalkan pembangunan daerah.

Bupati Jekek berharap anugerah IGA yang diperoleh menjadi tonggak untuk meningkatkan kinerja melalui penerapan inovasi di semua bidang. Harapannya terwujud Wonogiri yang maju, mandiri dan sejahtera. Aria