JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Angin Puting Beliung Ternyata Kerap Muncul di Atas WGM Wonogiri BPBD Sebut Tak Ada Dampak Kerusakan Lantaran Pusaran Angin Tak Sampai ke Daratan

Tangkapan layar salah satu video penampakan angin puting beliung di atas WGM Wonogiri. Istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ternyata fenomena angin puting beliung kerap muncul di atas Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. Terbaru pusaran angin besar yang disebut tornado di sejumlah negara itu menampakkan diri pada Rabu (20/1/2021).

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, fenomena munculnya angin puting beliung di atas WGM memang bukan kali ini terjadi. Bahkan kerap angin tersebut muncul di atas perairan waduk raksasa itu.

“Memang sering muncul,” jelas dia.

Penelusuran media ini, beberapa tahun silam angin puting beliung juga tampak di atas WGM. Namun ukurannya tidak sebesar yang terjadi Rabu sore ini. Hanya saja lebih panjang dan terlihat seperti menyedot air dari waduk.

Baca Juga :  Asetnya Mangkrak Personil BUMDes Lenggar Bujogiri Kecamatan Girimarto Wonogiri Takut Bekerja Gegara Tak Ada Kejelasan Regulasi

Mengenai angin puting beliung pada Rabu sore, Bambang mengatakan terlihat muncul di atas WGM Wonogiri. Ukurannya cukup besar dan berputar sekitar 10-15 menit. Kali pertama angin terlihat di atas perairan sekitar Desa Sendang Kecamatan Wonogiri. Selanjutnya bergerak ke arah barat lantas ke selatan.

“Pertama muncul di sekitar Desa Sendang,” jelas dia.

Setelah angin bergerak ke arah selatan, angin kemudian hilang. Jadi hanya muncul di atas perairan, tidak sampai ke daratan apalagi pemukiman warga.

Baca Juga :  Wonogiri Zona Oranye COVID-19 Kasus Aktif Tinggal 86 Buah, Lantas Langkah Apa yang Diterapkan Selanjutnya? Begini Jawaban Bupati Joko Sutopo

“Kami tegaskan muncul di atas perairan, tidak sampai ke daratan,” tegas dia.

Tidak ada laporan kerusakan apapun akibat peristiwa itu. Mengingat terjadi di atas perairan waduk. Hanya saja sempat membuat khawatir warga dan nelayan sekitar.

“Kondisi saat ini kawasan waduk hujan deras. Untuk fenomena angin puting beliung itu memang sering muncul setiap tahun, di atas waduk munculnya,” jelas dia.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Sendang, Sukamto, angin tersebut muncul sekitar pukul 16.00 WIB. Angin terpantau besar dan cukup lama. Aria