JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Beredar Daftar Nama Calon Penerima Vaksin Covid-19 Perdana Bareng Presiden Jokowi, Ada Najwa Shihab, Bunga Citra Lestari, hingga Raffi Ahmad

Raffi Ahmad, Bunga Citra Lestari, dan Najwa Shihab. Foto: Kolase Instagram

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sederet nama calon penerima vaksin Covid-19 yang akan divaksinasi pertama kali beredar di masyarakat. Dalam daftar tersebut tidak hanya ada Presiden Joko Widodo dan deretan pejabat negara, namun juga selebritas dan publik figur.

Dalam daftar tersebut, nama-nama calon yang akan disuntikkan vaksin Sinovac pertama kali dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama yakni memuat nama-nama pejabat negara, termasuk Presiden Jokowi. Selain presiden, ada pula nama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Menlu Retno Marsudi, Mendikbud Nadiem Makarim, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Idham Azis, Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo, dan Kepala BPOM Penny Lukito.

Kemudian kelompok kedua, berisi nama-nama pengurus asosiasi profesi tenaga medis hingga publik figur. Yang termasuk dalam kelompok ini yakni Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Fakih, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadilah, Ketua Pengurus Pusat Ikatan Bidan Indonesia (PP IBI) Emi Nurjasmi, dan ahli vaksin milenial Dirgayuza Rambe.

Baca Juga :  Jokowi Perintahkan Kepala Basarnas Tangani Banjir Kalsel dan Gempa Mamuju

Selain itu ada Ketua Muhammadiyah Covid-19 Commad Center Agus Syamsuddin dan Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 Muhammad Makky Zamzami. Ditambah sejumlah publik figur, yakni Najwa Shihab, dr Tirta, Bunga Citra Lestari, dan Raffi Ahmad.

Sementara untuk kelompok ketiga terdiri dari para tokoh agama, yaitu Ketua PBNU Marsudi Syuhud, perwakilan Muhammadiyah, Sekjen MUI Amirsyah Tambunan, Ustaz Das’ad Latief, serta perwakilan organisasi Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha.

Nama-nama dalam daftar tersebut dijadwalkan bakal divaksinasi Covid-19 dimulai pada 13 Januari sampai 15 Januari 2021.

Terkait daftar tersebut, manajer Bunga Citra Lestari, Dodi, tidak membantah jika penyanyi yang akrab disapa BCL itu mendapat pemberitahuan tentang vaksinasi. “Kurang lebih begitu,” kata Dodi saat dihubungi media, Jumat (8/1/2021).

Namun demikian, Dodi belum bisa berbicara banyak pasalnya masih menunggu konfirmasi langsung dari pemerintah. “Aku masih nunggu konfirmasi istana, belum bisa ngomong,” tambahnya.

Baca Juga :  Awas, Jangan Mudah Percaya! Berita Pembukaan Program Kartu Prakerja Gelombang 12 Hoax

Senada, manajer Raffi Ahmad, Prio, juga mengatakan bahwa Raffi telah dihubungi oleh pihak Istana Negara untuk meminta kesediaannya agar menjadi salah satu orang yang akan divaksin Covid-19.

“Sementara ini konfirmasinya iya. Cuma update-nya gua gak tau cuma sudah terdaftar,” kata Prio ketika dihubungi awak media, Jumat (8/1/2021).

Klarifikasi Kemenkes

Sementara itu, menyusul beredarnya daftar tersebut, pihak Kementerian Kesehatan mencoba mengklarifikasi. Disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, menegaskan bahwa rilis yang beredar bukan dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Bukan rilis resmi dari Kemenkes dan informasi tersebut tidak dapat dijadikan rujukan. Hingga saat ini, pelaksanaan dan tokoh-tokoh yang akan mengikuti vaksinasi Covid-19 perdana masih dalam tahap pembahasan dan kita masih menunggu keluarnya EUA (Emergency Use Authorization) dari BPOM,” ujar Nadia dikutip Tribunnews, Jumat (8/1/2021).

www.tribunnews.com