JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Sempat Memunculkan Kekhawatiran, Polisi Jamin Pam Swakarsa Kini Bakal Berbeda dengan Era 1998

Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto/Humas Polri
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Rencana Kapolri terpilih, Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk menghidupkan kembali pasukan pengamanan masyarakat (Pam Swakarsa) sempat mengundang tanda tanya bagi sebagian pihak.

Menjawab keraguan sementara pihak tersebut, pihak Kepolisian RI menyatakan, bahwa Pam Swakarsa yang ingin dibuat kembali oleh Kapolri terpilih berbeda dengan era sebelum reformasi.

Kepolisian menyatakan, dahulu Swakarsa memang digunakan untuk kepentingan kelompok tertentu.

โ€œKami memahami ada trauma dengan kasus 1998, bagaimana Swakarsa dipergunakan oleh kelompok-kelompok tertentu, tapi yang dimaksud dengan Swakarsa di sini, masyarakat memiliki keinginan secara pribadi mengamankan lingkungannya,โ€ kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono dalam diskusi daring, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga :  Luhut Diminta Presiden Jokowi Koordinasikan Investasi Apple di IKN

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, Swakarsa adalah amanat UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia.

Selanjutnya, dibuat aturan melalui Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pam Swakarsa.

Dalam Perkap itu disebutkan bahwa pengamanan swakarsa terdiri dari satuan pengamanan dan satuan keamanan lingkungan. Pengamanan Swakarsa juga bisa berasal dari kearifan lokal, seperti pecalang di Bali, kelompok sadar keamanan dan ketertiban masyarakat, serta siswa dan mahasiswa Bhayangkara.

Baca Juga :  Gugatan Sengketa Pilpres Ditolak MK Seluruhnya, Mahfud MD Legawa, Ucapkan Terima Kasih ke Pendukung

Aturan itu juga mengatur proses pembentukan, hingga pengukuhan anggota Swakarsa.

Sebelumnya, dalam uji kelayakan dan kepatutan di DPR, Listyo Sigit mengatakan setuju untuk mengaktifkan lagi Pengamanan Swakarsa.

Ide tersebut menuai kritik dari kelompok masyarakat sipil. Sebab, pada masa reformasi, Pam Swakarsa merupakan kelompok sipil yang dibentuk untuk menghalau aksi mahasiswa. Kelompok ini identik dengan kekerasan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com