JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Sleman Gelar Sayembara Arsitektur Nasional Desain Taman Budaya, Berhadiah Rp 167 Juta

Secara umum, konsep desain bangunan harus mencerminkan pada filosofi spiritual Jawa yang dianut Yogyakarta, yakni memayu hayuning bawana manunggaling kawula gusti, dan sangkan-paraning dumadi. Sedangkan secara khusus desain harus memenuhi 19 kebutuhan ruang yang wajib ditampilkan.

Antara lain, memiliki Joglo Pendopo dengan kapasitas 500 orang, gedung pertunjukan serbaguna, amphitheatre (panggung terbuka) kapasitas 500 orang, kantor pengelola, perpustakaan / area edukasi, ruang pameran terbuka, food court kapasitas 17 lapak, musala kapasitas 100 orang serta lavatory terpadu.

Konsep desain itu juga musti menghadirkan objek berupa desain homestay/guest house berbentuk rumah tradisional Jawa gaya Yogyakarta, gedung sekretariat bersama seni budaya, bangunan workshop/pelatihan seni, dan area konservasi sawah, konservasi budaya agrikultur berupa ruang terbuka hijau.

Baca Juga :  Anjing Rootweiler Milik dr FX Suharnadi di Sleman Nyaris Dimangsa Ular Sanca

Aji mengatakan setiap bangunan dalam desain juga musti patuh filosofis nilai-nilai Jawa. Misalnya untuk Pendopo, dalam konsep Jawa dimaknai papan kondo opo-opo (tempat untuk membicarakan berbagai hal), maka desain yang dibuat harus mencerminkan sifat keterbukaan.

Perwakilan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY yang juga panitia sayembara itu, Trisno Seputro mengatakan dari sayembara ini ingin dicari satu ikon baru untuk wisata budaya di Kabupaten Sleman. “Kami berharap peserta lomba desain kali ini bisa melampui sayembara desain pasar tradisional Godean lalu yang diikuti peserta asal Singapura, Inggris, dan Perancis,” kata dia.

Baca Juga :  Kalah Judi Online, Pria Asal Bantul Ini Nekat Jebol Plafon Lalu Menguras Isi ATM

Adapun rincian hadiah sayembara desain taman budaya itu juara 1 Rp 100 juta, Juara 2 Rp 25 juta, Juara 3 Rp. 22,5 juta, Juara harapan 1 dan 2 masing-masing Rp 10 juta. Namun dari semua juara itu, hanya juara 1 yang desainnya akan dijadikan DED pembangunan Taman Budaya Sleman.

www.tempo.co

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com