JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa Bumi di Malang Kembali Terjadi Pagi Ini, Berkekuatan Magnitudo 5,5

gempa bumi
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS — BMKG melaporkan telah terjadi gempa bumi lagi di wilayah Malang, Jawa Timur dan sekitarnya, Minggu (11/4/2021) pagi.

Dalam keterangan di website resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan magnitudo 5,5 tersebut terjadi pada pukul 06:54 WIB.

Pusat gempa berlokasi di 8,84 LS; 112,41 BT (80 Km Barat Daya kabupaten Malang) dengan kedalaman 98 Km.

“Pusat gempa berada di laut 80 km barat daya Kabupaten Malang,” tulis website resmi BMKG, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga :  Nusron Wahid Beberkan Sejumlah Parpol di Luar 02 yang Potensial Bergabung dengan Pemerintahan Prabowo-Gibran

Gempa dirasakan (Skala MMI): III – IV Kota Malang, III Pacitan, III Wonogiri, III Trenggalek, II – III Nganjuk, II – III Ponorogo, II – III Blitar, II Gunung Kidul, II Bantul, II Kulonprogo.

Sebelumnya, gempa mengguncang wilayah Selatan Jawa, pada Sabtu, (10/4/2021) pada pukul 14.00 Wib.

Berdasarkan hasil analisa BMKG gempa tektonik tersebut memiliki kekuatan 6,7M, kemudian diupdate menjadi magnitudo 6,1M.

Baca Juga :  Di MK Banjir Amicus Curiae, di Kawasan Patung Kuda Banjir Massa Berunjuk Rasa, Kubu Prabowo-Gibran Batalkan Aksi

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km,” dikutip dari siaran pers BMKG.

Berdasarkan analisis BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com