JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kunjungan Anies Cek Beras di Sragen Viral, Presiden Jokowi Langsung Panen Raya Padi di Malang. Sebut Tidak Perlu Impor Beras Beras

Ilustrasi Presiden Jokowi panen raya. Foto/Tempo.co
PPDB
PPDB
PPDB

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi tanam dan panen padi, di Desa Kanigoro, Malang, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021).

Kunjungan dilakukan setelah beberapa hari sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan lebih dulu menyambangi beberapa daerah di Jatim dan Jateng untuk membeli beras guna stok DKI.

Dalam kunjungan di Malang tadi siang, Jokowi mengatakan ingin memastikan bahwa produksi padi dan panen yang ada betul-betul bisa memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia.

Kepastian jumlah produksi ini, kata Jokowi, sangat krusial untuk kalkulasi pemerintah memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

“Oleh sebab itu kita tak perlu yang namanya impor. Tapi hitung-hitungannya memang harus pasti. Karena ini menyangkut masalah perut, masalah makan rakyat,” kata Jokowi dalam keterangannya.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Peningkatan Covid-19 Harus Dikendalikan, Tapi Jangan Sampai Ganggu Upaya Pemulihan Ekonomi

Jokowi juga mengatakan mendapat informasi penanaman padi varietas IPB 3S di tanah seluas satu hektare yang disebut bisa menghasilkan gabah hingga 12 ton.

Ia menilai itu adalah hasil yang bagus dan harus ditindaklanjuti dengan jumlah yang lebih besar lagi.

“Sehingga ketahanan pangan, kedaulatan pangan kita, betul-betul bisa kita raih tanpa kita harus impor dari negara lain,” kata Jokowi. Ia mengatakan dalam prosesnya, para petani membutuhkan sarana prasarana yang berkaitan dengan teknologi.

Dalam kunjungan itu, Jokowi diminta oleh para petani untuk mendatangkan mesin panen, traktor, dan hal-hal yang lainnya.

“Ini akan kita penuhi, sangat dibutuhkan sekali oleh para petani di sini,” kata Jokowi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didampingi pengusaha ternama Sragen, Billy Beras saat meninjau pabrik beras di Masaran, Sragen, Sabtu (24/4/2021). Foto/Wardoyo

Sebelumnya, Anies Baswedan juga mengunjungi ke beberapa daerah di Jatim dan Sragen, Jateng. Anies berkunjung sembari melakukan kerjasama untuk pembelian beras guna menopang stok pangan di DKI.

Baca Juga :  Mega Proyek Mall Pelayanan Publik Sragen Resmi Dimulai. Telan Anggaran Rp 18,5 Miliar, Bupati Pesan Jangan Mejen di Tengah Jalan

Termasuk di Sragen, Sabtu (24/4/2021) Anies menyambangi pabrik beras di Masaran Sragen. Dalam kunjungan itu, Anies didampingi Wakil Ketua Umum Perpadi DKI sekaligus pengusaha beras ternama asal Sragen, Billy Haryanto alias Billy Beras.

Kunjungan Anies ke Sragen sempat viral karena mendapat dukungan dari Billy untuk maju Capres 2024. Bahkan Billy menyambut Anies secara khusus di Joglo yang berada di kompleks pergudangan miliknya di Masaran.

Saat itu, di Joglo tersebut juga dipasangi spanduk bertuliskan Joglo Kemenangan Anies Capres 2024. Kemudian di bagian depan joglo dipasangi spanduk bertuliskan selamat datang Capres 2024. (Tempo.co/Wardoyo)