JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pro dan Kontra Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru yang Berhias Burung Garuda Raksasa: Dikritik 5 Asosiasi, Dipuji Presiden Jokowi

Tangkapan layar desain Istana Negara yang viral di media sosial. Foto: Instagram/nyoman_nuarta

JOGLOSEMARNEWS.COM Desain bangunan Istana Negara yang akan dibangun di ibu kota baru masih menuai pro dan kontra. Sebelumnya sempat beredar sebuah video yang menampilkan konsep desain Istana Negara yang berhiaskan Burung Garuda Raksasa.

Disampaikan Presiden Joko Widodo, desain tersebut merupakan salah satu masukan yang diterima Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dari sejumlah arsitek dan seniman. Konsep Istana Negara dengan Burung Garuda yang ramai diperbincangkan itu merupakan karya seniman I Nyoman Nuarta.

“Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru,” ungkap Presiden Jokowi melalui akun Instagram miliknya, @jokowi, pada Jumat (2/4/2021).

Terkait konsep desain Istana Negara karya I Nyoman Nuarta tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi. Menurut Jokowi, desain Istana Negara tersebut memiliki filosofi yang mendalam.

Baca Juga :  Pakar: Massa NU 'Abangan' Jadi Potensi Besar yang Mesti Dilirik PPP

“Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Jokowi.

Namun, Jokowi menyebut bahwa usulan yang masuk dari para seniman tersebut masih dalam tahap pradesain dan belum merupakan rencana desain akhir Istana Negara di ibu kota baru.

Jokowi pun menegaskan bahwa pemerintah masih terbuka dengan masukan-masukan dari berbagai pihak terkait konsep Istana Negara yang baru.

“Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap, Istana Negara di ibu kota baru nantinya tidak hanya menjadi sekadar tempat presiden bekerja atau simbol kebanggaan bangsa. Namun juga dapat mencerminkan kemajuan bangsa.

“Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara,” tukas Jokowi.

Baca Juga :  Masya Allah, Praktik Jual Beli Jabatan Eselon Diduga Masih Subur Makmur di Kementerian Desa. Mau Aman di Jabatan Eselon I, Harus Siapkan Upeti Rp 3 Miliar!

Diberitakan sebelumnya, video yang menampilkan potongan konsep desain Istana Negara berbentuk Burung Garuda sempat viral di media sosial dan menjadi perbincangan.

Konsep desain bangunan Istana Negara dalam video digambarkan memiliki bentuk menyerupai Burung Garuda, lengkap dengan kepala dan dua sayap yang membentang di sisi kanan dan kiri bangunan.

Potongan video tersebut turut diunggah oleh akun Instagram @nyoman_nuarta, pada Selasa (30/3/2021).

Namun konsep desain tersebut langsung menuai kritikan dari lima asosiasi profesi, yakni Asosiasi Profesi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI), dan Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota (IAP).

Kelima asosiasi itu pun menyampaikan kritikan setelah memperhatikan konsep desain Istana Negara yang beredar tersebut.