JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Gempa Bumi Guncang Cianjur, Warga Ketakutan

gempa bumi
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
PPDB
PPDB
PPDB

CIANJUR, JOGLOSEMARNEWS.COM Gempa bumi mengguncang wilayah Kota Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu (5/6/2021) malam, membuat warga terkejut dan ketakutan.

Pasalnya, guncangan gempa dirasakan cukup keras sekalipun data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG hanya menyebut gempa berkekuatan Magnitudo 3,0.

Heriyanto (40), warga Kampung Santiong, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur, misalnya,  termasuk orang yang sangat merasakan guncangan gempa tersebut.

“Berasa gede banget. Dinding rumah bergetar sangat keras,” ujar Heri melalui sambungan telepon, Sabtu malam.

Tetangganya, Rusmana (27), mengungkap yang sama. Ketakutan sempat mencekamnya karena getaran pada seluruh dinding dan kaca rumahnya. Dia mengira gempa berkekuatan besar.

“Setelah lihat info BMKG, kekuatannya 3 Magnitudo tapi berpusat tidak jauh dari wilayah perkotaan,” kata dia.

Informasi yang dihimpun dari BMKG, gempa yang terjadi selama beberapa detik pada pukul 21.52 WIB itu berpusat di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,16 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer. Dari koordinat tersebut, lokasi gempa berada di sekitar wilayah Desa Munjul, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, atau hanya sekitar tiga kilometer arah tenggara pusat Kota Cianjur.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cianjur, Mokhammad Irfan Sopyan, mengatakan BPBD masih melakukan pengecekan terkait dampak gempa itu.

“Apakah ada rumah yang terdampak atau tidak,” kata dia.

www.tempo.co