JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kasus Lamaran Pengantin Berujung Petaka di Gemolong Sragen, 122 Warga 2 Dusun Hari Ini Diswab Massal. Jangan Kaget, Ini Rincian Hasilnya Ada yang Positif, Ada yang Diswab PCR!

Ilustrasi swab antigen di lokasi hajatan yang dilakukan tim Satgas dan Polsek di wilayah Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus penyebaran covid-19 dari klaster lamaran pengantin di Desa Brangkal, Kecamatan Gemolong, Sragen, terus berkembang.

Sebanyak 122 warga di tiga rukun tetangga (RT) di dua dusun desa itu, terpaksa harus menjalani swab massal hari ini tadi, Jumat (11/6/2021).

Ratusan warga itu terpaksa harus menjalani tes usap lantaran terlacak kontak erat dengan warga yang positif dari klaster lamaran pengantin di desa itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto mengatakan swab massal hari ini digelar sejak pukul 08.00 WIB sampai 10.30 WIB. Total ada 122 warga yang diswab di tiga RT.

Masing-masing RT 13, 14 dan 15. Swab massal digelar sebagai kelanjutan dari hasil tracking warga yang kontak erat dengan warga positif. Sebelumnya dari klaster lamaran itu, sudah ada 10 warga yang positif terkonfirmasi covid-19.

Baca Juga :  Kades Singopadu Meninggal, Camat Segera Usulkan PJ ke Bupati. Ini Kriteria Kandidatnya

“Hari ini tadi dilakukan swab massal di 3 RT. Total ada 122 warga. Tadi digelar oleh Satgas desa dan kecamatan,” paparnya dikonfirmasi JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (11/6/2021).

Tatag menguraikan swab massal juga dihadiri Kapolres AKBP Yuswanto Ardi dan Dandim Sragen. Dari hasil swab yang dilakukan, rinciannya ada dua warga yang positif antigen, 110 negatif antigen.

“Sisanya ada 12 orang yang diswab PCR. Hasil PCR masih menunggu,” jelasnya.

Untuk warga yang positif langsung diisolasi ke Technopark Sragen. Sementara warga yang negatif diperkenankan kembali ke rumah namun diharapkan tetap menjaga prokes.

Kasus ledakan klaster lamaran itu bermula ketika ada sejumlah warga yang mengantar lamaran pengantin asal desa itu ke luar daerah.

Baca Juga :  Update Sragen Hari Ini, Tambah 1 Positif, Pasien Dirawat Tinggal 5. Total Sudah 920.373 Warga Sudah Tervaksin

Setelah itu, ada warga yang meninggal dunia dengan hasil swab positif. Kemudian dilakukan tracking kontak erat sebanyak 15 orang. Hasilnya 8 di antaranya positif.

Celakanya kontak erat warga yang positif ternyata semakin meluas. Saat swab lanjutan, ada 2 lagi warga yang terpapar positif pada Kamis (10/6/2021). Tracking terus berlanjut hingga mendapat 122 warga kontak erat dan diswab hari ini.

Sebelumnya, Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi pada Kamis (10/6/2021) juga menyebut ada warga dua dusun di Desa Brangkal, Kecamatan Gemolong yang diswab massal.

Mereka diswab dari hasil tracing pengembangan kasus covid-19 dari klaster lamaran di desa itu. Guna mengawal swab, Kapolres juga siap terjun ke lokasi.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua