JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Buah Kaya Kandungan Vitamin C, Cabai Salah Satunya

Ilustrasi cabai rawit. Foto: pexels.com


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

JOGLOSEMARNEWS.COM – Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Vitamin C merupakan salah satu zat penting yang bisa membantu melindungi kulit dari efek jahat sinar matahari.

Selain itu vitamin C juga dipercaya membantu menurunkan risiko kanker kulit karena kaya akan antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi.

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C pada kulit, bisa dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin C, bisa juga dengan rutin mengkonsumi makanan kaya akan vitamin C.

Berikut dilansir Healthline beberapa buah dan sayur kaya akan vitamin C untuk kesehatan kulit dan tubuh Anda:

Ceri Acerola
Dengan mengkonsumsi setengah cangkir buah ini Anda akan mendapatkan 822 mg vitamin C. Penelitian menunjukkan buah ini dapat membantu kerusakan kulit akibat paparan sinar UVB dan mengurangi risiko kanker kulit.

Cabai
Satu cabai hijau mengandung 109 mg vitamin C, sedang satu cabai merah mengandung 65 mg vitamin C.

Jambu Biji
Buah daerah tropis ini berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan, per satu buahnya mengandung 126 mg vitamin C. Jambu biji juga kaya akan antioksidan likopen. Tak hanya membantu menyehatkan kulit, sebuah studi menemukan bahwa makan 400 gram jambu biji perhari dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Paprika Kuning
Kandungan vitamin C dalam paprika cenderung meningkat saat buahnya sudah matang. Satu setengah cangkir (75 gram) paprika kuning menghasilkan 137 mg vitamin C. Ternyata tak hanya membantu menyehatkan kulit, mengkonsumsi makanan dengan vitamin C juga dapat menyehatkan mata.

Baca Juga :  Beredar Isu Ada Makanan dan Minuman Penangkal Cegah Covid-19, Faktanya?

Kiwi
Dalam satu buah kiwi berukuran sedang terkandung 71 mg vitamin C. Selain dapat menyehatkan kulit, menurut penelitian buah kiwi juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Brokoli
Brokoli adalah salah satu spesies sayuran persilangan. Dengan mengkonsumsi setengah cangkir brokoli yang dimasak Anda akan mendapatkan 51 mg vitamin C. Sebuah penelitian memberikan 27 lelaki muda perokok berat 250 gram (146 mg vitamin C) brokoli kukus setiap hari dalam sepuluh hari. Penelitian tersebut menunjukkan tingkat penanda inflamsi protein C reaktif pada objek penelitian menurun 48 persen.

Lemon
Sejak dulu buah ini memang sudah terkenal akan kandungan vitamin C nya, ia juga dipercaya dapat membantu mengurangi penyakit kudis. Dalam satu lemon utuh terkandung 83 mg vitamin C. Anda bisa mendapat manfaat vitamin C pada lemon dengan menjadikannya jus atau olahan lain.

Leci
Dalam satu buah leci tardapat 7 mg vitamin C. Tak hanya mengandung vitamin C, leci juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat bagi otak dan pembuluh darah.

Baca Juga :  Studi Terbaru: Covid Varian Delta Mudah Menular Seperti Cacar Air, Lebih Cepat dari Flu

Pepaya
Pepaya mengandung 62 mg vitamin C per 100 gram. Satu cangkir pepaya mengandung 87 mg vitamin C, yang dapat membantu menyehatkan kulit dan meningkatkan daya ingat.

Stroberi
Stroberi mengandung 59 mg vitamin C per 100 gram. Satu cangkir bagian stroberi mengandung 89 mg vitamin C. Buah bergizi ini dapat membantu kesehatan jantung dan otak Anda.

Jeruk
Jeruk mengandung 53 mg vitamin C per 100 gram. Satu jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C. Buah jeruk lainnya, seperti jeruk bali, mandarin dan jeruk nipis, juga merupakan sumber vitamin ini mendapatkan kulit yang sehat. #tempo