JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pemkab Wonogiri Belum Tahu Penyebab Antrean Tabung Gas Elpiji Sejak Pukul 5 Pagi, Namun Ada Dugaan Karena ini

Tabung gas elpiji
Antrean tabung gas elpiji di salah satu pangkalan di Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan (KUKM dan Perindag) Wonogiri, Wahyu Widayati melalui Kabid Perdagangan Sunardi melakukan pantauan langsung di pangkalan di Kelurahan Wonokarto, Wonogiri, Jumat (20/8/2021).

Pihaknya mendapatkan laporan soal antrean tabung gas elpiji tiga kilogram sejak pukul 05.00 WIB dan langsung turun ke lapangan. Di lokasi, dia mewanti-wanti agar pangkalan mengutamakan masyarakat dibandingkan pengecer.

Dia belum bisa memastikan alasan banyak warga yang mengantrekan tabung gasnya. Meski begitu, dugaan awal alasan kejadian itu pun muncul. Diduga, hal itu terjadi karena efek PPKM.

“Saat PPKM mungkin banyak warung yang tidak buka dan akhirnya. Warga memilih masak sendiri di rumah, akhirnya kebutuhan gas melonjak. Masih dugaan ya tapi ini,” kata Sunardi.

Advertisement
Baca Juga :  Kabar Duka, Warga Dukuh Desa Gemantar Kecamatan Selogiri Wonogiri Ditemukan Meninggal Gantung Diri Menggunakan Stagen

Sunardi juga memastikan harga gas melon di pangkalan itu sesuai aturan. Sebab, berdasarkan informasi yang diterimanya di luar Wonogiri ada pengecer yang menjual gas melon seharga Rp 19.000.

Dimana pangkalan mana saja antrean gas melon terjadi? Pihaknya masih melakukan penelusuran. Dia juga baru-baru ini melakukan pengecekan pangkalan gas di Kecamatan Slogohimo, namun antrean seperti itu tak terjadi disana.

“Distribusinya sebenarnya lancar tiap hari, tidak ada kendala. Kita coba cari alasan pastinya apa. Sementara dugaannya itu,” beber dia.

Sebagaimana diwartakan, belakangan muncul fenomena baru berupa antrean tabung gas elpiji tiga kilogram di Wonogiri. Belum diketahui penyebab pasti adanya fenomena tersebut.

Baca Juga :  Bolehkah Kader PDIP Mendeklarasikan Diri Sebagai Capres 2024, Bagaimana Sebenarnya Aturannya?

Namun yang jelas antrean tabung sudah mengular sejak pukul 05.00 WIB. Yang diantrekan adalah tabungnya, bukan orangnya. Ini untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Fenomena warga yang antre untuk membeli gas melon tersebut terjadi di salah satu pangkalan gas di sekitar kelurahan Wonokarto, tepat sekitar Stadion Pringgodani Wonogiri. Warga rela datang sebelum pangkalan gas itu dibuka untuk sekedar mengantrekan tabung gasnya yang kosong, Jumat (20/8/2021).

Warga Gunung Kukusan Kelurahan Giriwono, Kecamatan Wonogiri, Farida menyatakan ikut mengantrekan gasnya di pada Jumat (20/8) pagi. Menurut dia, antrean tabung gas yang berjejer di depan pangkalan itu sudah dimulai sejak pukul 05.00 WIB.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua