JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

UKM Teater UNY, Dari Pertunjukan di Atas Panggung ke Layar Rekaman

Ilustrasi


YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, segala aktivitas dipaksa untuk beradaptasi agar terus bertahan.

Tak terkecuali dalam proses kesenian pertunjukan Teater. Kesenian Teater selama ini dipertontonkan secara langsung di atas panggung pertunjukan dan disaksikan oleh banyak penonton.

Sejak adanya Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meniadakan segala bentuk kegiatan mahasiswa di kampus termasuk kegiatan kesenian Teater. Hal tersebut membuat proses berkesenian di lingkungan kampus terhenti.

Baca Juga :  Enam Mahasiswa Unisri Perkuat Kontingen Jawa Tengah di PON Papua

Salah satu yang merasakan dampaknya adalah organisasi Sanggar Kesenian Kolaborasi (Sangkala) sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di fakultas Bahasa dan Seni UNY.

Advertisement

Sangkala yang sebelumnya erat dengan seni pertunjukan terpaksa vakum selama beberapa waktu, hal tersebut disampaikan secara langsung oleh ketua Sangkala, Aprilia Sinta Salsabila.

“Kami semua kaget saat pandemi masuk. Jadi semua agenda dan program terhenti dan batal terlaksana. Kami juga kesulitan dalam beradaptasi karena tidak ada perencanaan dan antisipasi (terhadap Covid-19),” ungkap April saat ditemui di Asrama putri Aceh.

Baca Juga :  PSW Unisri dan PKPPA Universitas PGRI Semarang Launching Book Chapter Dinamika Masyarakat di Masa Pandemi

Namun setelah sekian lama vakum, Sangkala akhirnya melakukan pergerakan lagi. Mereka melakukan pertunjukan teater namun dengan cara penyajian yang berbeda dari biasanya.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua