JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Siaga Natal-Tahun Baru, Inilah 6 Amunisi Jokowi untuk Kendalikan Pandemi

Presiden Joko Widodo / Istimewa

JOGLOSEMARNEWS.COM — Bulan Desember yang sudah di depan mata membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan pengendalian Covid-19 saat libut Hari Natal dan Tahun Baru. Potensi kenaikan kasus pada perayaan akbar yang biasa disambut meriah oleh masyarakat itu harus dicegah mulai dari sekarang.

Jokowi meminta jajaran kabinetnya untuk selalu waspada. Penurunan kasus aktif dengan rata-rata 362 kasus setiap hari ini tak boleh mengendorkan aktifnya penanganan Covid-19 di Indonesia.

Oleh sebab itu, Jokowi secara khusus menyampaikan enam perintah untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19 pada akhir tahun mendatang. Mandat itu dibeberkan dalam rapat terbatas evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/11/2021).

Baca Juga :  Libur Tahun Baru Ngalamat Sepi, Bupati Sragen Minta Pengelola Obyek Wisata Tutup Dulu

Pertama, Jokowi meminta seluruh kementerian dan lembaga saling bergandengan. Merek perlu menyelaraskan frekuensi dan tidak terjebak pada ego sektoral.

“Sekali lagi, memiliki frekuensi yang sama, jangan terjebak pada ego sektoral. Utamakan kerja sama, utamakan koordinasi,” tutur Jokowi, dilansir dari tempo.co.

Kedua, ia menugaskan intervensi Satgas Covid-19 di lapangan. Langkah ini diterapkan untuk acara atau kegiatan besar yang akan digelar dalam waktu dekat.

Baca Juga :  Selama Nataru, Polri Tiadakan Penyekatan untuk Antisipasi Lonjakan Covid. Ini Skema Pengaturannya

Orang nomor satu di Indonesia ini menyoroti KTT G20 di Bali. Tak sebentar, rangkaian acara itu akan berlangsung pada 1 Desember 2021-30 November 2022. Terdapat 150 pertemuan selama jangka waktu tersebut. Sebanyak 500-5.800 delegasi diprediksi hadir dalam setiap pertemuan KTT G20.

“Dunia akan melihat kita. Oleh sebab itu, kemampuan kita dalam mengendalikan pandemi ini betul-betul diuji dan utamanya dalam menjalankan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua