JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Sirkuit Mandalika Diresmikan dan Dijajal Jokowi, Adu Balap Kelas Dunia Siap Gigelar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjajal trek Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat menggunakan motor modifikasinya/ Foto: Instagram @jokowi

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Lintasan kebanggan Indonesia itu dikunjungi Jokowi bersama rombongannya pada Jumat (13/11/2021).

Sirkuit Mandalika siap dijadikan tuan rumah ajang balap kelas dunia. Jadwal terdekat yang menanti yakni Asian Talent CUP tanggal 12-14 November dan dilanjutkan balapan World Superbika (WSBK) tanggal 19-21 November. Bahkan, trek ini digadang-gadang menjadi lintasan digelarnya MotoGP Tahun 2022 mendatang.

Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer, teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini, seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya Maret 2022 dengan MotoGP,” ungkap Jokowi dalam pidatonya sebagaimana dilansir dari tempo.co, Sabtu (14/11/2021)

Baca Juga :  Temukan Penawar, Marcus/Kevin Akhirnya Mampu Kalahkan Lee Yang/Wang Chi Lin di Laga Pembuka BWF World Tour Finals 2021

Sebelum diresmikan, sirkuit anyar ini sempat dijajal oleh Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia itu mengendarai motor modifikasi Kawasaki W175 saat mengelilingi trek balapan.

Motor yang dimodifikasi dengan gaya Bobber bernuansa Cafe Racer ini mengantarkan Jokowi melewati 17 tikungan Sirkuit Mandalika. Kepala Negara asal Solo itu mengaspal dengan ekstra hati-hati, mengingat kondisi sirkuit yang sempat diguyur hujan sekaligus diwarnai dengan tikungan tajam.

Baca Juga :  Seleksi Ketat, Inilah 4 Wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2021, Pramudya/Yeremia Jadi Sorotan Usai Lolos Temani Marcus/Kevin

“Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin enggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit,” tutur Jokowi.

Tak lupa, Jokowi turut menginstruksikan penyelenggara ajang World Superbike (WSBK) agar turnamen dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Ia ingin perhelatan yang pertama kali digelar di NTB ini menorehkan citra dan sejarah yang baik.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua